SAFETY PRIME

Engineering Safety

[151006] Tugas 1 SMK3 – Khusus Semester III Kelas B1 (Sore) 2015

46 Comments

Kepada Mahasiswa D4K3 Semester III Kelas B1 (Sore) 2015.

Anda diminta untuk mengerjakan tugas pertama, yakni mencari dan mengirimkan (posting) artikel tentang:

  1. Nama suatu perusahaan
  2. Alamat suatu perusahaan.
  3. Visi dan Misi suatu perusahaan.
  4. Tata nilai (Value) suatu perusahaan.
  5. Kebijakan/komitmen suatu perusahaan terhadap K3.

Cantumkan Nama, NIM, Semester, dan Kelas diakhir tugas Anda.

Kirim (posting) artikel Anda dengan cara klik pada bagian judul diatas, lalu ketik tugas Anda pada kotak “Leave a Reply“, selanjutnya masukkan alamat e-mail dan nama Anda pada kotak yang disediakan, dan terakhir jangan lupa klik “POST COMMENT”.

Batas akhir posting adalah:

  • Hari Selasa, 6 Oktober 2015 pukul 23:59 wita.

Lewat waktu tersebut maka tugas Anda TIDAK akan mendapat approval untuk dimuat pada website ini dan dianggap TIDAK mengerjakan tugas. Posting hanya akan tampil setelah mendapatkan persetujuan terlebih dulu dari Dosen Pengampu, sehingga Mahasiswa tidak perlu memposting berulang kali untuk tugas yang sama.

Tugas yang anda kerjakan TIDAK boleh sama antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain dalam kelas yang sama. Bila ditemukan ada kesamaan antara 2 tugas atau lebih, maka kesemua tugas yang sama tersebut tidak akan diberikan penilaian.

Sistem penilaian tugas ini:
Tugas dikerjakan dengan benar, rinci dan akurat, serta dikirimkan (diposting) pada hari:

  • H       — Nilai C
  • H -1   — Nilai C+
  • H -2   — Nilai B
  • H -3   — Nilai B+
  • H -4   — Nilai A
  • Lewat waktu — Nilai 0 (Nol)

Selamat mengerjakan tugas, semoga berhasil.

Advertisements

46 thoughts on “[151006] Tugas 1 SMK3 – Khusus Semester III Kelas B1 (Sore) 2015

  1. Nama : YUNI SAHARA SAFITRI

    Npm : 14.11.106.701.501.1260

    Nama Perusahaan : PT.PERTAMINA

    Alamat :Kantor Pusat Pertamina
    Gedung Perwira 2 Lantai 1 
    Jl. Medan Merdeka Timur 1A, 
    Jakarta Pusat 10110

    Visi dan MIsi

    Visi: Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.
    Misi: Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.

    Untuk mewujudkan Visi Perseroan sebagai perusahaan kelas dunia, maka Perseroan sebagai perusahan milik Negara turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, terutama di bidang penyelenggaraan usaha energi, yaitu energi baru dan terbarukan, minyak dan gas bumi baik di dalam maupun di luar negeri serta kegiatan lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha di bidang energi, yaitu energi baru dan terbarukan, minyak dan gas bumi tersebut serta pengembangan optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat serta mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

    Misi Perseroan menjalankan usaha inti minyak, gas, bahan bakar nabati serta kegiatan pengembangan, eksplorasi, produksi dan niaga energi baru dan terbarukan (new and renewable energy) secara terintegrasi.

    TATA NILAI PERUSAHAAN

    Pertamina menetapkan enam tata nilai perusahaan yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam menjalankan perusahaan. Keenam tata nilai perusahaan Pertamina adalah sebagai berikut:

    CLEAN (BERSIH)
    Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

    COMPETITIVE (KOMPETITIF)
    Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.

    CONFIDENT (PERCAYA DIRI)
    Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.

    CUSTOMER FOCUS (FOKUS PADA PELANGGAN)
    Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

    COMMERCIAL (KOMERSIAL)
    Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

    CAPABLE (BERKEMAMPUAN)
    Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

    K3LL

    Pertamina beserta Manajemen dan Pekerjanya sangat memperhatikan Aspek-Aspek Keselamatan dan Keamanan dalam bekerja dan beraktifitas. Pertamina menjamin lingkungan Kerja yang ramah lingkungan, operasi tanpa limbah berbahaya dan ramah lingkungan serta berusaha menekan emisi terhadap lingkungan serta meningkatkan Efisiensi Energi. Pertamina berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan maupun keahlian Pekerjanya, terutama dalam aspek HSE yang memenuhi Persyaratan Lokal maupun Internasional

    HEALTH
    Statement: “Pertamina menjamin semua pekerja dapat bekerja secara Sehat dan dengan gaya hidup yang sehat juga”.

    Kesehatan adalah Aset yang sangat penting dalam bekerja dan beraktifitas, sehingga Pertamina mengadakan program-program untuk mendukung Kesehatan Pekerjanya.

    Objective:

    Mencegah Penyakit akibat Kerja.
    Menciptakan Iklim Kerja yang sehat serta mendukung Kesehatan Pekerja secara Optimal.

    SAFETY
    Statement: “Pertamina menjamin semua pekerja dan mitra untuk bekerja dengan aman dan dapat Selamat kembali kepada keluarga di rumah.”

    Pertamina beserta Manajemen dan Pekerjanya sangat memperhatikan Aspek-Aspek Keselamatan dalam bekerja dan beraktifitas. Keselamatan adalah Prioritas utama yang tidak dapat diabaikan, walaupun pencapaian-pencapaian lain dalam hal produksi dan pemasaran adalah tujuan perusahaan. Pencapaian target produksi dan keberhasilan pemasaran akan menjadi percuma jika aspek keselamatan tidak diperhatikan, untuk itulah semua Pekerja berkomitmen dalam hal mendukung dan memperhatikan aspek keselamatan dalam bekerja.

    Objective:
    Tanpa Insiden.
    Menghilangkan faktor-faktor resiko Kecelakaan Kerja.

    SECURITY
    Statement: “Pertamina menjamin Keamanan Pekerja dan Mitra serta Peralatan Kerja terhadap gangguan-gangguan.”

    Keamanan dalam lingkungan Kerja merupakan faktor utama untuk terciptanya Suasana Kerja yang kondusif sehingga meningkatkan Produktifitas Pekerja dan Peralatan Kerja. Pertamina mempunyai Sistem Manajemen Pengamanan yng disingkat dengan SMP yaitu Sistem Pengamanan Terpadu yang disusun oleh Kepolisian RI dimana dilakukan Audit/verfikasi secara Rutin oleh sebuah Tim dari Kepolisian RI.

    Objective:
    Tanpa Kehilangan Asset akibat Pencurian.
    Tanpa terhentinya Operasi akibat gangguan Keamanan.

    ENVIRONMENT
    Statement: “Pertamina menjamin lingkungan Kerja yang ramah lingkungan, operasi tanpa limbah berbahaya dan ramah lingkungan serta berusaha menekan emisi terhadap lingkungan serta meningkatkan Efisiensi Energi.”

    Aspek Lingkungan sudah menjadi Prioritas utama dalam Operasi Perusahaan baik di kantor Pusat maupun Unit-unit Operasi, dimana Proses Eksplorasi, Produksi, Pengolahan, Distribusi maupun Penyimpanan (Storage) harus mengedepankan aspek Lingkungan yang ramah lingkungan, tanpa pencemaran dan emisi/radiasi maupun LImbah beracun serta meningkatkan pemakaian Energi secara Efisien.

    Objective:
    Tanpa Pencemaran Lingkungan, tumpahan minyak.
    Tanpa limbah berbahaya.
    Komitmen dalam pengurangan Emisi terhadap lingkungan.
    Komitmen dalam pemakaian Energi (Energy Eficiency).

    TRAINING (HSE Training Center – Sei Gerong)

    Statement: “Dalam hal pengembangan Kompetensi HSE, Pertamina berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan maupun keahlian Pekerjanya, terutama dalam aspek HSE yang memenuhi Persyaratan Lokal maupun Internasional.”

    Pengembangan Kompetensi dan keahlian dalam aspek HSE merupakan prioritas dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Pertamina, sehingga setiap pekerja wajib menjalani Safety Mandatory Training, HSE Training Module untuk aspek Operasi dan HSE Leadership Training dengan Standar Internasional.

    Untuk naik ke jenjang Jabatan yang lebih tinggi, maka seorang pekerja wajib mengikuti pelatihan Modul HSE yang sesuai dengan Jabatan yang akan dicapainya dalam waktu tertentu.

    Kebijaksanaan dan Sistem 

    Segenap Pimpinan dan Pekerja PT. Pertamina (Persero) bertekad meningkatkan Kinerja Perusahaan yang berkelanjutan untuk menjadi Perusahaan yang Unggul dan Berdaya Saing Kuat dalam bidang Energi mulai dari sektor Hulu hingga Hilir serta menciptakan alternatif baru dalam penyediaan sumber energi yang lebih efisien dan berkelanjutan serta berwawasan lingkungan serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan dalam kesatuan Usaha yang Sehat guna meningkatkan Nilai Perusahaan dalam memenuhi harapan Shareholder dan Stakeholder, melalui penerapan :

     

    Sistem Manajemen Mutu secara Konsisten.Sistem Manajemen Resiko dalam pencapaian hasil usaha.Manajemen Lingkungan, untuk Menciptakan Proses Kerja yang Ramah Lingkungan.Sistem Manajemen Perlindungan Informasi, untuk menjaga Kerahasiaan dan menyediakan Informasi yang Handal.Pedoman Tata Nilai Perusahaan berdasarkan Prinsip-prinsip Clean, Competitive, Confidents, Customer Focused, Commercial dan Capable.

  2. Nama Perusahaan:
    PT. PERTAMINA (Persero)
    Alamat Perusahaan:
    Kantor Pusat
    Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
    Jakarta 10110
    Telp : 500-000 (lokal)
    Email : pcc@pertamina.com
    Visi dan Misi
    Visi: Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.
    Misi: Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
    Untuk mewujudkan Visi Perseroan sebagai perusahaan kelas dunia, maka Perseroan sebagai perusahan milik Negara turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, terutama di bidang penyelenggaraan usaha energi, yaitu energi baru dan terbarukan, minyak dan gas bumi baik di dalam maupun di luar negeri serta kegiatan lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha di bidang energi, yaitu energi baru dan terbarukan, minyak dan gas bumi tersebut serta pengembangan optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat serta mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
    Misi Perseroan menjalankan usaha inti minyak, gas, bahan bakar nabati serta kegiatan pengembangan, eksplorasi, produksi dan niaga energi baru dan terbarukan (new and renewable energy) secara terintegrasi.
    TATA NILAI PERUSAHAAN
    Pertamina menetapkan enam tata nilai perusahaan yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam menjalankan perusahaan. Keenam tata nilai perusahaan Pertamina adalah sebagai berikut:
    CLEAN (BERSIH)
    Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
    COMPETITIVE (KOMPETITIF)
    Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
    CONFIDENT (PERCAYA DIRI)
    Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.
    CUSTOMER FOCUS (FOKUS PADA PELANGGAN)
    Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
    COMMERCIAL (KOMERSIAL)
    Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.
    CAPABLE (BERKEMAMPUAN)
    Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.
    Kebijakan K3LL
    Obyektif
    Nihil Insiden
    Tujuan
    Kami, PT Pertamina (Persero) dan Anak Perusahaannya mempunyai komitmen melindungi setiap orang, aset perusahaan, lingkungan dan komunitas sekitar dari potensi bahaya yang berhubungan dengan kegiatan PT Pertamina (Persero).
    Komitmen
    Manajemen lini maupun pekerja dengan sungguh-sungguh :
    Memberikan prioritas pertama untuk aspek Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan.
    Mengidentifikasi potensi bahaya dan mengurangi risikonya serendah mungkin untuk mencegah terjadinya insiden.
    Menggunakan teknologi terbaik untuk mengurangi dampak dari kegiatan operasi terhadap manusia, aset dan lingkungan.
    Menjadikan kinerja Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan dalam penilaian dan penghargaan terhadap semua pekerja.
    Meningkatkan kesadaran dan kompetensi pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan benar dan aman.
    Menciptakan dan memelihara harmonisasi hubungan dengan stakeholder di sekitar kegiatan usaha untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan.
    Direktur Utama PT Pertamina (Persero) bertanggung jawab untuk menjamin agar Kebijakan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan ini diimplementasikan dan efektifitasnya ditinjau secara berkala.
    Setiap manajemen lini maupun pekerja serta mitra kerja disemua area kegiatan dibawah pengendalian PT Pertamina (Persero) bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mentaati Kebijakan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan.
    Jakarta
    Direktur Utama,
    Dwi Soetjipto
    Nama : Yudi Franata
    NIM : 14.11.106.701501.1243
    Semester : 3
    Kelas : B1 (Sore)

  3. Nama Perusahaan
    PT. Pupuk Iskandar Muda

    Alamat

    Jl. Medan – Banda Aceh PO. Box 021 Krueng Geukueh, Aceh Utara, Indonesia
    Phone: (62-645) 56222; Fax: (62-645) 56095; Email: info@pim.co.id

    VISI
    Menjadi Perusahaan Pupuk dan Petrokimia yang Kompetitif.

    MISI

    Memproduksi dan memasarkan pupuk dan produk petrokimia dengan efisien.
    Memenuhi standar mutu dan berwawasan lingkungan.
    Memberikan nilai tambah kepada stakeholder.
    Berperan aktif menunjang ketahanan pangan.

    Tata Nilai Perusahaan

    SEMANGAT
    Yakin berusaha dan pantang menyerah dalam menghadapi segala tantangan untuk mencapai kejayaan.

    PEDULI PELANGGAN
    Mengerti dan melayani melebihi harapan pelanggan serta memberikan solusi yang terbaik.

    INTEGRITAS
    Memiliki kejujuran, disiplin, tanggungjawab dan konsisten dalam setiap tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

    KERJASAMA
    Bersatu mencapai tujuan untuk memberikan hasil terbaik dengan saling menghargai kelebihan dan kekurangan anggota tim.

    EFISIEN
    Merencanakan dan melaksanakan aktifitas dengan selalu melakukan evaluasi dan perbaikan dengan parameter tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya, kreatif dan inovatif untuk mencapai hasil yang kompetitif.

    Selanjutnya disingkat dengan sebutan “SPIKE”.

    MAKNA

    “Berperan Aktif dalam Ketahanan Pangan dan Kemakmuran Bangsa”

    PERNYATAAN SIKAP PEKERJA

    Pernyataan Sikap Pekerja PT Pupuk Iskandar Muda adalah:

    Kami Pekerja PT Pupuk Iskandar Muda, bertekad :

    1. Tetap bersemangat dalam berkarya dan menjunjung tinggi integritas.

    2. Mengutamakan kerjasama dan efisien dalam menggunakan sumber daya perusahaan.

    3. Peduli terhadap kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

    Disebut dengan “TRI TEKAD PEKERJA PT PIM“.

    YEL – YEL

    Yel-yel PT Pupuk Iskandar Muda adalah :

    Setiap diucapkan, “PIM !!!” oleh seorang pemimpin sambil mengangkat dan mengepalkan tangan kanan ke atas, harus dijawab oleh karyawan dengan teriakan, “SEMANGAT !!!”yang juga sambil mengangkat dan mengepalkan tangan kanan ke atas.

    LAIN – LAIN

    Menetapkan tanggal 13 Februari 2013 sebagai hari transformasi PT. Pupuk Iskandar Muda.

    Kebijakan K3LL

    Kebijakan Manajemen Risiko

    Pengelolaan Risiko perusahaan adalah suatu proses yang diaplikasikan dalam penetapan strategi perusahaan dengan cara mengidentifikasi risiko-risiko yang mempengaruhi tujuan perusahaan. Pengelolaan risiko tersebut tetap berada pada selera risiko perusahaan serta memberikan jaminan yang memadai untuk mencapai tujuan perusahaan.

    Pada tahun 2007 PT Pupuk Iskandar Muda telah menerapkan manajemen risiko dengan membentuk Tim Penerapan Manajemen Risiko (TPMR) dan Key Person disetiap unit kerja sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. KEP-117/M-MBU/2002 tanggal 1 Agustus 2002 dan merupakan bagian dari pertanggungjawaban Direksi kepada pemegang saham untuk memenuhi target Key Performance Indicator (KPI) yang telah ditetapkan dalam kontrak Manajemen. Dengan adanya perubahan struktur organisasi perusahaan, maka pada tanggal 1 Juni 2011 telah dibentuk Departemen Manajemen Risiko sebagai pengelola risiko di perusahaan.

    Komitmen perusahaan terhadap penerapan Manajemen Risiko antara lain :

    Mendeteksi/mengidentifikasi risiko sedini mungkin pada setiap aktivitas terkait dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab.
    Melakukan pengukuran risiko dengan memperhitungkan besarnya dampak dan kemungkinan terjadinya peluang risiko.
    Melakukan evaluasi sumber dan penyebab terjadinya risiko, sebagai dasar untuk memetakan dan mengendalikan risiko yang signifikan.
    Mengelola strategi pengendalian secara berkesinambungan terhadap risiko yang mempunyai prioritas tinggi/risiko signifikan demi kelangsungan hidup perusahaan.
    Melakukan pemantauan risiko secara terus menerus, khususnya yang mempunyai dampak cukup signifikan terhadap kondisi perusahaan.
    Melaporkan hasil identifikasi, pemantauan dan tindak lanjut pengendalian risiko secara periodik setiap triwulan, semester dan tahunan.
    Menjadikan pengelolaan risiko sebagai dasar pemeriksaan (audit berbasis risiko) dan sebagai Key Performance Indicator (KPI) bagi setiap Pimpinan Unit Kerja.

    Siklus manajemen risiko di PT Pupuk Iskandar Muda terdiri dari Identifikasi Risiko, Pengukuran Risiko, Pengendalian Risiko dan Pemantauan Risiko.

    Pengelolaan risiko dilakukan terhadap 12 fungsi kegiatan perusahaan, yaitu Produksi, Pemasaran, Keuangan, Pengadaan, Distribusi, Pengembangan, Teknologi Informatika, Pengendalian Intern, Sumber Daya Manusia dan Umum, Hukum serta Lingkungan, Keselamatan Kerja, Pembinaan Koperasi dan Bina Lingkungan.

    Safety Culture

    Keselamatan & Kesehatan Kerja merupakan kebutuhan jaminan perlindungan yang wajib diselenggarakan oleh Perusahaan guna melindungi asset Perusahaan termasuk Sumber Daya Manusia, seperti diamanatkan dalam Undang Undang Kesl. Kerja No. 1 Tahun 1970.

    PT Pupuk Iskandar Muda adalah Perusahaan berskala besar dengan konstruksi pabrik dirancang aman, kendatipun demikian tetap harus waspada dari kemungkinan munculnya potensi bahaya kecelakaan, kebakaran, peledakan.

    Agar Pabrik dapat beroperasi dengan aman, diperlukan pengetahuan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K-3) yang diimplementasikan dalam aktifitas rutin operasional.

    Kebijakan & Komitmen K-3 diterapkan dan dievaluasi secara rutin untuk memastikan bahwa sistem K-3 dapat terlaksana dengan baik.

    PT Pupuk Iskandar Muda senantiasa selalu melakukan improvement dalam segala bidang termasuk peningkatan kinerja K-3 guna meningkatkan jaminan keselamatan operasional pabrik, lingkungan dan karyawannya.

    Diharapkan kepada seluruh karyawan/ti dan pihak ketiga selalu memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing bidang, guna memberikan kontribusi yang positif pada kemajuan perusahaan.

    Dengan semangat kebersamaan PT Pupuk Iskandar Muda bertekad untuk mewujudkan hari kerja tanpa kecelakaan “ZERO ACCIDENT”.

    Lingkungan

    PT Pupuk Iskandar Muda sebagai produsen pupuk urea senantiasa berupaya melaksanakan kegiatan industri yang akrab lingkungan untuk memelihara keseimbangan ekosistem dengan peran aktif seluruh karyawan, manajemen, dan stake holder.

    Untuk mewujudkan maksud tersebut, perusahaan menempuh langkah-langkah dan upaya antara lain sebagai berikut :

    Mematuhi undang-undang dan peraturan lingkungan hidup yang berlaku.
    Berusaha secara terus menerus untuk memperbaiki kinerja lingkungan.
    Berupaya mencegah dan mengendalikan terjadinya pencemaran.
    Berusaha dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan sistem manajemen lingkungan dengan melibatkan seluruh unit kerja dan instansi terkait.
    Mempersiapkan unit kerja yang berkompetensi.

    PT Pupuk Iskandar Muda memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap pengendalian limbah pabrik, baik limbah cair, padat, gas, maupun debu urea yang merupakan aspek penting yang harus diprioritaskan pengelolaannya. Pengendalian dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang baik dan serasi di area pabrik, komplek perumahan, dan sekitar perusahaan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

    Upaya pengendalian lingkungan dilakukan dengan cara mencegah terjadinya pencemaran lingkungan seminimal mungkin:

    Scrubber System untuk mencegah lolosnya uap amonia dari pabrik ke lingkungan, pada saat start-up maupun emergency shut down.
    Pengolahan limbah cair dengan proses Netralisasi, Stripping dan Aerasi sehingga limbah cair yang dibuang ke media lingkungan memenuhi baku mutu yang ditetapkan dan tidak mencemari lingkungan.
    Pencegahan dengan mengurangi limbah dari sumbernya antara lain sebagai berikut :
    Pemanfaatan kembali gas buang (purge gas) melalui Purge Gas Recovery Unit yang menghasilkan kembali amonia dan hydrogen, sehingga purge gas yang dijadikan fuel terbebas dari amonia.
    Pencemaran udara oleh debu urea diminimasi dengan Dust Recovery System dan Dust Scrubber.
    Pemanfaatan kembali kondensat yang terbebas dari amonia setelah diproses melalui Process Condensate Stripper.
    Pemasangan Oil Skimer untuk memisahkan kembali oli yang terbuang bersama limbah cair.
    Pemasangan alat monitoring kualitas udara, sebagai upaya mendeteksi lebih dini bila terjadinya pencemaran udara.

    Nama : Daru FAdillah
    NIM : 14.11.106.701501.1238
    Semester : 3
    Kelas : B1 (Sore)

  4. Nama Perusahaan

    PT TIMAH

    Alamat Perusahan

    Jl. Medan Merdeka Timur. No.15, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia

    Visi dan Misi suatu perusahaan

    VISI

    “Menjadi Perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang ramah lingkungan”

    MISI

    Membangun sumber daya manusia yang tangguh, unggul dan bermartabat
    Melaksanakan Tata Kelola Penambangan yang baik dan benar
    Mengoptimalkan nilai perusahaan dan kontribusi terhadap Pemegang Saham serta tanggung jawab sosial

    Tata nilai (Value) suatu perusahaan
    I
    NTEGRITAS

    yaitu Memiliki kejujuran, tanggung jawab dan konsisten terhadap semua tindakan dalam mencapai tujuan perusahaan

    KOMITMEN

    yaitu Mampu memenuhi kesepakatan dan janji dengan penuh tanggung jawab

    TERBUKA

    yaitu Mudah menerima masukan dan mampu menyesuaikan diri terhadap setiap perubahan lingkungan yang terjadi

    RASIONAL

    yaitu Mampu melakukan kegiatan secara terencana, teratur dan penuh pertimbangan serta perhitungan yang matang.

    VISIONER

    yaitu Kemampuan berinovasi dan melihat jauh ke depan tanpa dibatasi ruang dan waktu.

    Kebijakan/komitmen suatu perusahaan terhadap K3

    PT TIMAH (Persero) Tbk sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan timah menyadari sepenuhnya resiko dan dampak yang ditimbulkan dari aktivitas pertambangan terhadap pekerja, karyawan, masyarakat, para pemangku kepentingan dan lingkungan sekitarnya.

    Seluruh jajaran manajemen dan karyawan PT TIMAH (Persero) tbk sepakat dan bertekad untuk mengoptimalkan dampak positif dan meminimalkan resiko serta dampak negatif dengan menerapkan Good Mining Practice atau praktek penambangan yang baik dengan cara:

    Menaati peraturan perundangan serta norma-norma Keselamatan Kesehatan Kerja dan pengelolaan Lingkungan Hidup
    Mencegah sedini mungkin terjadinya pencemaran, kecelakaan kerja, dan penyakit akibat kerja
    Meningkatkan keterampilan karyawan dalam pemeliharaan Keselamatan Kesehatan Kerja serta pengendalian dampak lingkungan
    Meningkatkan kepedulian terhadap masalah Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup
    Melakukan perbaikan secara terus menerus dalam bidang Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup.

    Kebijakan ini berlaku untuk karyawan dan para pemangku kepentingan di lingkungan PT TIMAH (Persero) Tbk dan akan di dokumentasikan, dipelihara dan ditinjau secara berkala serta terbuka untuk umum.

    Ttd
    Direksi PT TIMAH (Pesero) Tbk

    Nama : Hasruddin Hafid
    NIM : 14.11.106.701501.1263
    Semester : 3
    Kelas : B1 (sore)

  5. Nama Perusahaan
    Petrokimia Kayaku

    Alamat Perusahaan
    Jl. Tri Dharma No.06, Kec. Gresik, Gresik, Jawa Timur 61121, Indonesia

    Visi dan Misi perusahaan

    VISI

    Menjadi perusahaan penghasil pestisida dan produk hayati yang paling diminati oleh pelanggan

    MISI

    Memproduksi pestisida dan produk hayati untuk mengamankan dan meningkatkan produktivitas pertanian, peternakan, dan perikanan sesuai dengan keinginan pelanggan

    Tata nilai (Value) perusahaan

    Integritas, mengandung prinsip-prinsip kejujuran, kesamaan kata dengan perbuatan, berperilaku mulia, selalu tekad pada kebenaran, menyuarakan hati nurani, dan mematuhi kode etik.

    Inovasi, Selalu menyediakan dan mengembangkan ide-ide baru dengan pendekatan kreatif pada semua bidang.

    Kerjasama Tim, kerjasama efektif hanya dapat dicapai dengan saling percaya dan menghargai dengan yang lainnya, serta saling berhubungan dengan baik dalam bekerjasama. Solusi terbaik datang dari hasil kerjasama yang baik dengan semua kolega dan pelanggan.

    Transparansi, keterbukaan yang adil dan bertanggungjawab dapat menanamkan kepercayaan stakeholders.

    Profesional, senantiasa berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan, mutu yang tinggi dan unggul atas hasil kerja dan pelayanan.

    Gresik, 30 Januari 2014

    Direktur Utama

    Kebijakan/komitmen perusahaan terhadap K3

    Dalam mewujudkan sikap tanggap terhadap kebutuhan dan kepuasan pelanggan, maka perusahaan menetapkan kebijkan mutu sebagai berikut:

    Memenuhi mutu sesuai Surat Keputusan Menteri Pertanian No.24/Permentan/SR.140/4/2011 serta berusaha memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
    Senantiasa melakukan perbaikan dan inovasi secara terus menerus untuk menciptakan produk dan layanan yang unggul.
    Berperan aktif mencegah pencemaran lingkungan dengan menerapkan 3R (reuse, reduce dan recycle) dan ikut serta memelihara kelestarian lingkungan.
    Mencegah terjadinya kecelakaan kerja & penyakit akibat kerja serta memelihara keselamatan dan kesehatan kerja dengan sasaran kecelakaan nihil (zero accident).
    Memastikan bahwa setiap peraturan perundangan, ketentuan dan Kebijakan Mutu, Lingkungan & K3, dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh Elemen Perusahaan.

    Gresik, 04 Februari 2015
    Direktur Utama

    KEBIJAKAN MANAJEMEN RESIKO

    Manajemen dan seluruh Karyawan PT PETROKIMIA KAYAKU berkomitmen untuk :

    Menjadikan risiko sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan perusahaan , yang harus dikelola dengan tujuan memaksimalkan nilai perusahaan dan melindungi kepentingan seluruh stakeholders perusahaan.
    Mengelola risiko bukan hanya untuk mencegah atau mengurangi kerugian yang diderita perusahaan melainkan juga sebagai sumber keunggulan perusahaan dalam memenangi persaingan di pasar.
    Mengintegrasikan pengelola risiko dengan pengelolaan kegiatan usaha lainnya di perusahaan guna menciptakan landasan yang kuat dalam pengambilan keputusan.
    Mengelola risiko di masing-masing unit kerja dengan serius melalui tahapan : identifikasi risiko, pengukuran risiko, pengendalian risiko, dan pemantauan risiko serta membuat laporan pengelolaan risiko secara periodik.
    Menjadikan hasil identifikasi risiko sebagai masukan untuk pelaksanaan audit berbasis risiko.

    Gresik, 30 Januari 2014
    Direktur Utama

    Nama : Yudi Franata
    NIM : 14.11.106.701501.1243
    Semester : 3
    Kelas : B1 (sore)

  6. 1. Nama Perusahaan.
    PT Altrak 1978

    2. Alamat Perusahaan.
    Jalan Jenderal Sudirman No.21, Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur 76114

    3. Visi dan Misi Perusahaan.
    Visi dan misi PT. ALTRAK 1978.
    •Visi
    Be There Terbaik, menghasilkan produk premium dan memberikan dukungan tak kunjung pada setiap saat untuk mengeluarkan potensi maksimal investasi pelanggan kami.
 •Misi
    ALTAK 1978 akan terus mempertahan posisi keuangan yang kuat terus-menerus mengembangkan keunggulan khas dalam semua sektor dalam organisasi, sebagai perusahaan yang solid dalam bisnis alat berat yang dipahami dengan baik oleh pelanggan nasional dan internasional.

    4. Tata nilai (Value) Perusahaan.
    Tata nilai PT. ALTRAK 1978.
    * ALWAYS PRIORITIEZ CUSTOMERS 
( penuhi kebutuhan pelanggan pada kesempatan pertama )
    * EVERY EMPLOYEE IS CUSTOMERS SERVICE OFFICER 
( setiap karyawan adalah pelayang pelanggan )
    * THE NEXT PROCESS IS OUR CUSTOMER 
( proses kerja brikutnya adalah pelanggan kita )
    * PROBLEM SOLVING STARTS WITH FACTS
    ( pemecahan masalah berdasarkan fakta )
    * RESPECTOTHERINDIVIDUALS
    ( menghormati kehidupan pribadi orang lain )
    * PERFORMANCETHROUGHTEAMWORK
    ( prestasi melalui kerjasama )

    5. Kebijakan/komitmen Perusahaan terhadap k3.
    Kebijakan/komitmen PT. ALTRAK 1978 terhadap k3
    •karena sebagai pemenuhan perundang-undangan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, tapi bisnis yang sehat tentunya harus mengelola risiko kesehatan dan keselamatan kerjanya. Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/SMK3 Permenaker No. 5/MEN/1996 & PP No. 50 Tahun 2012 yang sistematis akan membantu bisnis Anda dalam mencapai kesuksesan menyangkut hal ini. Tujuan utama dari SMK3, adalah untuk memungkinkan bisnis mengontrol risiko terkait aspek keselamatan kesehatan kerjanya dan dapat meningkatkan kinerjanya. Bisa dikatakan bahwa adalah hal yang penting bagi suatu perusahaan dapat menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/SMK3 dan bukan untuk mendapatkan sertifikasinya, karena keberhasilan penerapan SMK3 diatas segalanya.

    Nama : Rima Fauziah
    NIM : 14.11.106.701501.1231
    Semester : 3
    Kelas : B1

  7. Nama: Salma Sari

    NIM: 14.11.106.701501.1252

    Semester: III

    Kelas: B1/D4K3

    PT PANDEGA CITRA KELOLA (PLAZA BALIKPAPAN)

    JL Jend Sudirman no 1 Balikpapan

    VISI
    Menjadikan Plaza Balikpapan Sebagai ICON Pusat Perbelanjaan di Indonesia Timur.

    MISI
    Memaksimalkan Kepuasan Stakeholders dengan menjadikan Plaza Balikpapan sebagai tempat Tujuan belanja keluarga, pusat Trend Cetter dan selalu menjadi acuan pengelolaan shopping center dengan melakukan perubahan yang berkesinambungan serta menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

    Nilai-nilai Perusahan:

    1. Harmoni : keharmonisan dalam bekerja dengan pelanggan, rekan usaha, pemegang saham dan masyarakat.

    2. Tangguh : gigih memberikan usaha yang optimal.

    3. Mutu : menjaga mutu dalam setiap tahap pengembangan.

    4. Ramah Lingkungan : memperhatikan aspek lingkungan hidup dalam usaha pengembangannya.

    Kebijakan Perusahan terhadap K3:

    1. menjamin keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja dan orang lain (kontraktor ,pemasok, pengunjung, dan tamu) ditempat kerja.

    2. memenuhi semua peraturan perundang-undangan pemerintah yang berlaku dan persyaratan lainnya yang berkaitan dengan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ditempat kerja.

    3. Melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap system managemen dan kinerja K3 guna meningkatkan budaya k3 yang baik ditempat kerja.

  8. 1.Nama Perusahaan
    PT. BAYAN RESOURCES .Tbk

    2. Alamat Perusahaan
    GRAHA IRAMA BUILDING 12 th floor
    Jl. HR. Rasuna Said Blok X-1 Kav 1 & 2, Jakarta 12950
    Telp : +62 215269868, Fax : +62 21 5269866
    Website : http://www.bayan.com.sg

    3 .VISI
    Menjadi perusahaan pertambangan batubara terkemuka yang berkomitmen pada pertumbuhan yang berkesinambungan, produk dan jasa yang berkualitas tinggi secara jangka panjang dengan tetap meminimalkan dampak lingkungan.

    MISI
    Mengoptimalkan nilai pemegang saham melalui pencapaian kinerja terbaik di semua operasi kami.
    Memaksimalkan kompetensi inti melalui pelaksanaan praktik bisnis terbaik. Melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan karyawan, standar kesehatan dan keselamatan yang tinggi, kebijakan lingkungan yang berkesinambungan dan pengembangan masyarakat yang bertanggung jawab

    4.TATA NILAI PERUSAHAAN

    A.Bisnis yang Efektif
    – Membangun aliansi strategis dengan pelanggan dengan mempertahankan produk dan jasa berkualitas tinggi
    – Mengambil langkah-langkah penghematan biaya dan memberikan hasil kerja yang bernilai tambah
    – Melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik

    B.Etika Tanggung jawab Sosial
    – Komitmen yang jelas untuk berinvestasi pada pengembangan sumber daya manusia untuk
    – Meningkatkan kondisi ketenaga kerjaan melalui program pelatihan, skema insentif dan tunjangan
    – untuk mewujudkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi
    – Menegakkan kepatuhan yang ketat terhadap praktik kesehatan dan keselamatan.
    – Menerapkan standar praktik terbaikuntukmencapai kebijakan lingkungan yang berkesinambungan dan
    -Mendukung pengembangan masyarakat melalui berbagai program sosial yang akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar.
    Pertumbuhan yang berkesinambungan
    – Mendaya gunakan cadangan batubara dan infrastruktur yang ada untuk mencapai pertumbuhan tingkat produksi yang berkesinambungan.
    – Menyempurnakan portofolio aset berkualitas tinggi yang ada melalui akuisisi strategis cadangan batubara

    5. KEBIJAKAN PERUSAHAAN TERHADAP K3

    Bayan sangat menekankan kesehatan dan keselamatan kerja di semua operasinya dan telah menerapkan standar kesehatan dan keselamatan kerja di bidang industri di Indonesia. Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan faktor yang sangat penting yang harus dipertimbangkan pada saat merencanakan ekspansi dan meningkatkan kapasitas produksi tambang. Kontraktor tambang diwajibkan untuk tunduk kepada standar pedoman keselamatan kerja dari Perseroan.
    Tahun 2009, Bayan mengeluarkan rp 4,4 miliar untuk program kesehatan dan keselamatan. Perseroan berfokus untuk meminimalkan resiko kecelakaan, cidera dan penyakit akibat kerja, baik pada karyawan sendiri maupun pada karyawan kontraktor, dengan melakukan komunikasi, pemantauan, pengelolaan dan perbaikam standar kesehatan dan keselamatan ke semua lokasi yang meliputi pemeriksaan kesehatan rutin.
    Perseroan telah menerapkan suatu sistem formal untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, yang dirancang untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman,nyaman,dan sehat. Operasi pertambangan di audit oleh pemerintah setiap tiga bulan sekali untuk memantau pelaksanaan pedoman dan kebijakan. Selama tahun tersebut, Perseroan juga telah menjalankan beberapa penilaian pihak ketiga di beberapa lokasi tambangnya.

    Nama : Bayu Pramana Putra
    NIM : 14.11.106.701501.1216
    Semester : Tiga (3)
    Kelas : B1

  9. PT TIMAH
    Alamat :
    Kantor Pusat
    Jl. Jenderal Sudirman 51
    Pangkal Pinang 33121,
    Bangka, Indonesia
    Tel. +62 717 425 8000
    Fax. +62 717 425 8080
    Visi PT TIMAH (Persero) Tbk adalah :
    Menjadi Perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang ramah lingkungan.
    Misi PT TIMAH (Persero) Tbk adalah :
    1. Membangun sumber daya manusia yang tangguh, unggul dan bermartabat
    2. Melaksanakan tata kelola pertambangan yang baik dan benar
    3. Mengoptimalkan nilai perusahaan dan kontribusi terhadap pemegang saham serta tanggungjawab sosial
    Nilai PT TIMAH (Persero) Tbk adalah:
    1. Integritas
    Memiliki kejujuran, tanggung jawab dan konsisten terhadap semua tindakan dalam mencapai tujuan Perusahaan.
    2. Komitmen
    Mampu memenuhi kesepakatan dan janji dengan tanggungjawab.
    3. Terbuka
    Mudah menerima masukan dan mampu menyesuaikan diri terhadap setiap perubahan lingkungan yang terjadi.
    4. Rasional
    Mampu melakukan kegiatan secara terencana, teratur, dan penuh pertimbangan serta perhitungan yang matang.
    5. Visioner
    Memiliki kemampuan berinovasi dan melihat jauh ke depan tanpa dibatasi ruang dan waktu.
    komitmen PT TIMAH terhadap K3
    Manajemen Risiko Perusahaan adalah sebuah upaya yang dilaksanakan oleh Dewan Komisaris, Direksi, Jajaran Manajemen untuk mengidentifikasi, mernganalisis, mengelola serta menangani risiko-risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengimplementasikan Permen BUMN No. 01 Tahun 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Di PT TIMAH (Persero) Tbk telah dibentuk suatu satuan kerja yang mengurusi ini yaitu Manajemen Risiko Usaha dan Investasi. Satuan kerja ini dibentuk sebagai jawaban dari komitmen Dewan Komisaris dan Direksi dalam mengimplemenatsikan GCG secara ketat di mana setiap rencana bisnis dan investasi tetap harus menyertakan prinsip kehati-hatian dengan membuat rencana-rencana antisipasi agar perusahaan tidak merugi.
    Nama : Clhiverro StevannoKasonso
    NPM : 14.11.106.701501.1264
    Semester : 3
    Kelas : B1

    • Harap ganti artikel Anda, karena artikel serupa sudah lebih dulu diposting oleh mahasiswa yang lain (Sdr. Hasruddin)

      • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

        Kantor Pusat
        Gedung Utama SG
        Jl. Veteran
        Gresik 61122
        Jawa Timur, Indonesia
        Telpon. + 62-31-398-1732
        Fax. + 62-31-398-3209
        Email. info@semenindonesia.com

        VISI :
        – MENJADI PERUSAHAAN PERSEMENAN INTERNASIONAL YANG TERKEMUKA DI ASIA TENGGARA

        MISI :
        – Mengembangkan usaha persemenan dan industri terkait yang berorientasikan kepuasan konsumen.
        -Mewujudkan perusahaan berstandar internasional dengan keunggulan daya saing dan sinergi untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
        -Mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.
        -Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).
        -Membangun kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia.

        Tata nilai PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. :
        -keterbukaan (transparency)
        -akuntabilitas (accountability)
        – responsibilitas (responsibility)
        -independensi (independency)
        -kewajaran dan kesetaraan (fairness)

        Komitmen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Terhadap K3 :
        Dalam mewujudkan efektivitas dan efisiensi tata kelola tersebut, Perseroan telah menerapkan manajemen terintegrasi dengan mengacu pada prinsip-prinsip tata kelola Perseroan yang baik (good corporate governance), yaitu Sistem Manajemen Semen Indonesia (SMSI), yang meliputi:
        -Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001)
        -Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001)
        -Sistem Manajemen K3 (SMK3-OHSAS 18001)
        -Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian (ISO/IEC 17025)
        -Sistem Manajemen Risiko (ISO 31000) ,serta
        -Program-program peningkatan melalui penerapan Manajemen Inovasi.

        Nama : Clhiverro StevannoKasonso
        NPM : 14.11.106.701501.1264
        Semester : 3
        Kelas : B1

  10. PT. Sanggar Sarana Baja

    Kantor pusat

    Kawasan Industri Pulogadung Lantai 5,
    Jalan Rawa Sumur 2,Jakarta Timur
    13930

    VISI

    Visi PT. Sanggar Sarana Baja adalah menjadi perusahaan engineering Indonesia yang bisa bersaing di dunia internasional dan selalu mengutamakan kualitas produk dan pelayanan.

    MISI

    Misi PT,Sanggar Sarana Baja adalah sebagai berikut :
    1. Menciptakan lapangan kerja berkualitas untuk rakyat Indonesia .

    2. Membantu karyawan PT. Sanggar Sarana Baja untuk mengembangkan potensinya melalui program –program pelatihan dan pengembangan secara berkala.

    3. Konsisten dalam mencapai pertumbuhan finansial,intelektual dan citra perusahaan.

    4. Menjalankan perusahaan dengan menjunjung tinggi kode etik bisnis yang berlaku.

    TATA NILAI

    1. Integritas
    Kita senantiasa menerapkan etika dan moral tertinggi dengan selalu mengedepankan azas kejujuran dan keadilan dalam setiap kegiatan.

    2. Pengembangan berkelanjutan
    Kita bertekad untuk senantiasa mengembangkan perusahaan kita berikut sumber daya manusianya.

    3. Keunggulan
    Kita terus berupaya mencapai standart kerja tertinggi.

    4 Proaktif
    Kita terus mencari teknik-teknik dan pendekatan –pendekatan baru untuk meningkatkan mutu bisnis kita.

    5 Tanggung jawab
    Kita bertanggung jawab kepada seluruh pemangku kepentingan atas segala keputusan dan tindakan yang kita ambil.

    6 Kerjasama kelompok
    Kita mendorong dan mendukung keanekaragaman tenaga kerja berdasarkan azas saling percaya dan menghormati serta bersama-sama mencapai semua sasaran yang telah di tetapkan dengan komunikasi secara baik.

    KOMITMEN TERHADAP K3

    • Menerapkan kualitas,kesehatan,keselamatan,dan system manajemen lingkungan secara konsisten.

    • Mengembangkan kemampuan,pengetahuan, dan keterampilan untuk semua tingkat karyawan untuk meningkatkan produktivitas.

    • Mematuhi peraturan yang berkaitan dengan produk, aktivis, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan.

    • Mencegah cedera dan sakit serta pencegahan pencemaran lingkungan yang terkena dampak kegiatan dan produk.

    • Lakukan upaya perbaikan terus-menerus untuk meningkatkan kualitas,kesehatan,keselamatan, dan lingkungan performance

    NAMA: IRWANTO
    NIM : 14.11.106.701501.1277
    KELAS : B1

  11. Nama Perusahaan :
    PT. CCAI ( Coca Cola Amatil Indonesia) Central Java

    Alamat Perusahaan :
    Jl. Teuku Umar Km. 46 Cikarang Barat Kota Bekasi 17520

    Visi dan Misi Perusahaan :
    Visi dari PT. CCAI Central Java adalah menjadi perusahaan produsen minuman terbaik di Asia Tenggara. Sedangkan misi PT. CCAI Central Java adalah memberikan yang terbaik bagi pemegang saham dengan menjadi minuman non alkohol yang tumbuh terdepan dalam pasar minuman, menghargai karyawan yang berdedikasi serta berdisiplin, serta mengembangkan kemitraan sejati dengan para pelanggan untuk memuaskan lebih dari 200 juta konsumen yang dahaga dengan rasa bangga dan semangat sepanjang hari, setiap hari.

    Value Perusahaan :
    Nilai-nilai yang diterapkan oleh PT. CCAI Central Java Ungaran adalah sebagai berikut:

    1. Sumber Daya Manusia (People)
    Mengembangkan sumber daya manusia, menghargai prestasi serta menikmati apa yang kita lakukan.
    2. Pelanggan (Customer)
    Menang untuk pelanggan dan untuk diri sendiri.
    3. Semangat (Passion)
    Semangat untuk bertindak, bertanggung jawab, dan sukses.
    4. Inovasi (Innovation)
    Selalu mencari cara yang lebih baik.
    5. Keunggulan (Excellence)
    Senantiasa melakukan pekerjaan yang terbaik.
    6.Warga negara yang baik (Citizenship) Melakukan hal yang benar dari perusahaan, masyarakat, dan sesama. Rupanya tidak hanya nilai-nilai perusahaan saja yang dijunjung tinggi oleh PT. CCAI Central Java, melainkan aspek sosial juga dijunjung tinggi oleh perusahaan ini. Aspek sosial perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan diwujudkan melalui berbagai kegiatan sosial yang dilakukan bagi masyarakat sekitar. Setiap tahun, Coca-Cola melaksanakan program bantuan kemasyarakatan untuk masyarakat setempat dalam bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan prasarana, serta menyalurkan bantuan dalam bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan prasarana, masyarakat membutuhkan sesuai kemampuan Coca-Cola. Bantuan tersebut antara lain berbentuk pembagian produk-produk Coca-Cola kepada berbagai organisasi, pemberian beasiswa bagi anak-anak kurang mampu, bantuan air bersih, donor darah, bantuan untuk yayasan sosial, program pendidikan untuk praktek kerja, dan akses kepada masyarakat sekitar untuk menggunakan poliklinik dan sarana ibadah di Coca-Cola.
    Demi terciptanya kemajuan perusahaan, diperlukan adanya dukungan dari seluruh anggota perusahaan.
    Adapun sifat-sifat positif yang dijunjung tinggi oleh perusahaan yaitu:

    1. Integritas Integritas ditunjukkan dengan menghargai perbedaan individu, bersikap adil, memperlakukan orang lain sebagaimana perusahaan harusnya memperlakukan.

    2. Kejujuran Sikap jujur merupakan dasar dalam membangun kepercayaan dan hubungan kerja jangka panjang.

    3. Kerjasama kelompok Kerjasama dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, hal ini harus dilakukan karena perusahaan sadar bahwa terdapat berbagai perbedaaan dari setiap individu

    4. Fokus pada pelanggan Fokus pada pelanggan dapat ditunjukkan dengan cara selalu mencoba untuk memahami kebutuhan pelanggan, mencari win-win solution serta meningkatkan pelayanan pada konsumen dan pelanggan.

    5. Belajar setiap hari Dengan belajar setiap hari, maka perusahaan akan terus tumbuh dan mampu menghadapi setiap tantangan yang ada.

    6. Keunggulan dalam tindakan / pelaksanaan Dengan memiliki disiplin diri, tekad penuh dan hasrat yang tinggi pada pekerjaan, perusahaan dapat menerapkan pengetahuannya untuk mencapai perbaikan proses dengan pengendalian mutu.

    D. Produk Minuman Ringan
    The Coca-Cola Company memperhatikan keinginan konsumen yang berbeda di masing-masing negara, dengan menciptakan dan memperkenalkan produk-produk baru. Melengkapi Coca-Cola klasik-minuman nomor satu di dunia, terdapat serangkaian produk dari The Coca-Cola Company yang diluncurkan untuk memenuhi setiap selera. Adapun produk minuman ringan tersebut antara lain:

    1.Coca-Cola
    2.Fanta
    3.Sprite
    4.Diet Coke
    5.Frestea
    6.Ades
    7.Minute Maid Pulpy Orange
    8.Powerade Isotonik
    9.A&W
    10.Schweppes

    E. Penghargaan Sebagai sebuah perusahaan yang telah terkenal dan melakukan bisnisnya selama lebih dari 35 tahun, PT. CCAI Central Java telah menunjukkan eksistensinya yaitu dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, baik penghargaan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
    Adapun penghargaan yang telah diraih oleh PT. CCAI Central Java, yaitu:

    1. Tingkat Lokal Penghargaan lokal yang pernah diraih adalah dalam bidang penghijauan dan pertamanan pabrik propinsi Jawa Tengah, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kabupaten Semarang dan Propinsi Jawa Tengah, Pengelolaan Satpam Teladan dari POLDA Jateng, Partisipasi Pengetahuan Desa tertinggal Jateng, serta Partisipasi dalam pembinaan kegiatan sepak bola Propinsi Jateng.

    2. Tingkat Nasional Penghargaan nasional yang telah diraih yaitu dalam bidag Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Piala Presiden untuk kecelakaan nihil, Piagam Menteri Lingkungan Hidup, serta Sertifikasi ISO 14001.

    3. Tingkat Internasional Terdapat dua penghargaan internasional yang pernah diraih oleh PT. CCAI Central Java, yakni Penghargaan Mutu Diabtara Perusahaan Coca-Cola se-Asia Timur Jauh pada tahun 1978 serta Penghargaan Mutu Diabtara Perusahaan Coca-Cola se-Asia Pasifik pada tahun 2000, dan yang terakhir yaitu PT. CCAI Central Java mendapatkan Certificate Phase 3 Dari semua penghargaan yang pernah didapat oleh PT. CCAI Central Java, terdapat beberapa penghargaan yang mengarah pada prestasi di bidang hubungan komunitas. Beberapa penghargaantersebut antara lain partisipasi pengentasan desa tertinggal Jateng, penghargaan mengenai partisipasi dalam pembinaan kegiatan sepak bola Propinsi Jateng, serta Piagam Menteri Lingkungan Hidup.

    Kebijakan Perusahaan terhadap K3 :
    Penerapan K3 dan SMK3 di PT Coca Cola Amatil sudah diterapkan mengikuti aturan yang dibuat Kementrian Tenaga Kerja dan ada juga yang ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan ini melakukan penyuluhan dan mengaudit secara internal mengenai penerapan K3 dan SMK3 seklai dalam setahun.
    K3 dan SMK3 dalam perusahaan ini bertemakan “Zero Accident”. Dengan tematersebut dengan penerapan K3 dan SMK3 diperusahaan ini diharapkan tidak adanya kecelakaan. Untuk menunjang dalam penerapan K3 dan SMK3 di perusahaan PT Coca Cola Amatil menyediakan fasilitas seperti APD (Alat Pelindung Diri) ketika bekerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerja dan ruang evakuasi.

    1. Alat Pelindung Diri (APD)
    APD yang disediakan oleh perusahaan dalam menunjang penerapan K3 dan SMK3 adalah ear plug, safety boots, sarung tangan, masker, topi, helmet, jas lab, sarung tangan, safety shoes, jaket, body place dan kaca mata. Dengan adanya fasilitas APD yang disediakan perusahaan maka diharapkan semua karyawan/pekerja dapat tercegah dari penyakit akibat kerja dan kecelakaan.

    2. Penerapan K3 dan SMK3 dalam lingkungan Pabrik
    Dalam lingkungan pabrik sudah tersedia pedestrian, gambar peringatan berbahaya, dan lambang-lambang peringatan lainnya sehingga karyawan dan pengunjung akan hati-hati ketika berada dalam lingkungan pabrik. Karyawan menempatkan kendaraannya ditempat yang sudah disediakan. Ketika ada situasi yang tidak diinginkan misalkan gempa bumi, sudah tersedianya tempat evakuasi bagi seluruh karyawan. Terdapatnya alat pendeteksi gempa bumi.

    3. Penerapan K3dan SMK3 Dalam Ruang Produksi
    Untuk ruang pengambilan botol, pencucian botol, dan pengecekan botol. Bahaya yang mungkin terjadi adalah terjatuh, terpleset, terkena pecahan botol, tertimpa botol. Oleh karena itu, karyawan diharuskan menggunakan APD seperti sepatu boots, topi atau helmet, dan kaca mata.
    Dalam ruang produksi pengecekan bahan baku, pembuatan sirup ruangan, pengisian dan pengujian mutu (pengambilan sampel) menghasilkan suara yang bising sehingga karywan harus menggunakan ear plug. Resiko bahaya yang kemungkinan terjadi adalah terjatuh dan terpleset. Sebelum masuk keruangan karyawan harus mencuci tangan dan menggunakan pakaian menyerupai jas lab, sarung tangan, masker, ear plug, sepatu boots. Kemudian mencelupkan sepatu boots kedalam larutan clorin agar ketika masuk ruangan produksi sudah dalam keadaan bersih.
    Ruangan pelabelan, pengepakan, dan penyimpanan bahaya yang mungkin terjadi adalah tertimpa produk, tertabrak forklift, terkena mesin pelabelan. Karyawan menggunakan APD berupa sepatu, topi, ear plug.
    Salah satu tujuan dari pelaksanaan K3 dan SMK3 adalah mencegah kecelakaan. Dan dengan diterapkannya K3 dan SMK3 ini maka tingkat kecelakaan yang terjadi di Perusahaan akhir-akhir ini tidak ada kecelekaan dalam bekerja. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas, karena apabila terjadi kecelakaan karyawan tersebut tidak bisa bekerja dan berproduksi. Belum lagi masalah waktu yang terbuang akibat kecelakaan. Dan yang paling penting adalah keselamatan jiwa karyawan itu sendiri. Apabila berbicara kendala dalam perushaaan ini mengenai penerapan K3 tidaklah banyak. Dalam lapangan seluruh karyawan sudah mengikuti SOP yang ditentukan perusahaan.

    Nama : Eliyadi
    Nim : 14.11.106.701501.1225
    Kelas : B1

  12. 1. Nama Perusahaan : Pertamina EP
    2.Alamat Kantor Pusat : Standard Chartered Tower
    Head Office Address [2.4] Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164 lantai 21-29
    Jakarta 12950 – Indonesia
    Telp: (021) 57974000
    Fax: (021) 57974555
    3. Visi dan Misi Pertamina EP
    -Visi (2014 – 2025):
    Menjadi perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi kelas dunia
    Vision (2014 – 2025):
    Becoming World Class E & P Company
    -Misi:
    Melaksanakan pengusahaan sektor hulu minyak dan gas dengan penekanan pada aspek komersial dan operasi yang baik serta tumbuh dan berkembang bersama lingkungan hidup.
    Mission:
    Managing upstream oil and gas activities with emphasis on strongly commercial and operational excellence, which grow and evolve with the environment.
    4.Tata Nilai / Value Pertamina EP :
    6C
    -CLEAN (BERSIH)
    Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
    -COMPETITIVE (KOMPETITIF)
    Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
    -CONFIDENT (PERCAYA DIRI)
    Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.
    CUSTOMER FOCUSED (FOKUS PADA PELANGGAN)
    Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
    -COMMERCIAL (KOMERSIAL)
    Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial,mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.
    -CAPABLE (BERKEMAMPUAN)
    Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.
    5. Kebijakan dan Komitmen Pertamina EP terhadap K3 sebagai berikut :
    Manajemen lini maupun pekerja dengan sungguh-sungguh :
    1. Memberikan prioritas pertama untuk aspek Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan.
    2. Mengidentifikasi potensi bahaya dan mengurangi risikonya serendah mungkin untuk mencegah terjadinya insiden.
    3. Menggunakan teknologi terbaik untuk mengurangi dampak dari kegiatan operasi terhadap manusia, aset dan lingkungan.
    4. Menjadikan kinerja Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan dalam penilaian dan penghargaan terhadap semua pekerja.
    5. Meningkatkan kesadaran dan kompetensi pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan benar dan aman.
    6. Menciptakan dan memelihara harmonisasi hubungan dengan stakeholder di sekitar kegiatan usaha untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan.
    Direktur Utama PT Pertamina (Persero) bertanggung jawab untuk menjamin agar Kebijakan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan ini diimplementasikan dan efektifitasnya ditinjau secara berkala.
    Setiap manajemen lini maupun pekerja serta mitra kerja disemua area kegiatan dibawah pengendalian PT Pertamina (Persero) bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mentaati Kebijakan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan.
    Jakarta
    Direktur Utama,
    Dwi Soetjipto
    Nama : Claudio Givany Bojoh
    NPM : 14.11.106.701501.1444
    Kelas : B1 D4k3
    Semester : 3

  13. PT. Franklin Offshore Indonesia Perkasa
    JL. Mulawarman, 76116, 76116

    Visi :
    Tujuan utama Franklin Offshore adalah untuk menjamin bahwa kualitas produk dan layanan yang meliputi akuisisi data uji dan pengiriman tepat waktu, telah dicapai sesuai motto Kebijakan Mutu mereka.

    Misi :
    Manajemen Franklin Offshore berkomitmen penuh dan memberikan dukungan untuk memastikan bahwa sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien dimanfaatkan dan dikelola untuk memenuhi sistem obyektif dan Kualitas organisasi untuk perbaikan berkesinambungan dari :
    Sumber daya Manusia
    Semua personil harus memenuhi syarat dan dilatih untuk pekerjaan yang ditugaskan.
    Infrastruktur
    Rencana detail yang di kaji ulang setiap tahun dan infrastruktur yang berkualitas.
    Lingkungan kerja
    Lingkungan kerja yang kondusif, aman dan menyenangkan sangat penting untuk tingkat produktivitas perusahaan dan daya saing.
    Manajemen Informasi
    Dokumen legal yang terkontrol dengan tepat dan secara terjamin dapat dilacak (transparasi).
    Pemasok (vendor) dan Kemitraan
    Berkualifikasi, terintegrasi, selalu berinovasi untuk menjaga kepercayaan vendor.
    Sumber keuangan
    Ini adalah misi Franklin Offshore menjadi “Jumlah Mooring & Lifting Perusahaan” dan mendistribusikan produk dan jasa secara global dengan tingkat kemungkinan terbaik dari layanan yang berkualitas dan fokus pada pembangunan jangka panjang.

    Value (Nilai Perusahaan) :
    Franklin Offshore bisnis didorong oleh semangat dan pengetahuan dari orang-orang kami. Jadi kita memperlakukan mereka dengan hati-hati dan secara layak menghormati mereka. Orang-orang kami adalah aset kami yang paling penting.

    Komitmen K3 :
    Keselamatan adalah Prioritas
    Keselamatan menjadi prioritas dimana tidak ada yang lebih penting dari pabrikasi, inspeksi, instalasi dan penggunaan mengangkat, mooring dan peralatan laut kecuali Keselamatan Kerja. Kami percaya bahwa dengan sistem manajemen HSE, pelatihan insiden khusus dan waktu non-produktif yang akan berkurang.
    Dalam semua operasi kami, adalah komitmen kami untuk mengejar standar tertinggi untuk memaksimalkan Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan kerja kami.
    Ini adalah komitmen kami:
    Membuat K3 sebagai prioritas utama.
    Melakukan bisnis kami dengan Keselamatan dan Kesehatan karyawan dan pelanggan secara konsisten sekaligus melindungi Lingkungan.
    Mengembangkan dan melaksanakan pelatihan, prosedur untuk mengurangi insiden dan kecelakaan serta terus meningkatkan sistem HSE dalam bidang kesehatan dan Sistem Keamanan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

    Nama : Aprilianda
    NIM : 14.11.106.701501.1248
    Semester : III
    Kelas : B1

  14. •Nama perusahaan: PT. Jalantol Lingkarluar Jakarta
    •Alamat perusahaan: jalan plaza jatiasih Bekasi (17423) Indonesia
    •Visi Perusahaan:
    Menjadi perusahaan yang terpercaya, dalam menjalankan usaha di bidang pengoperasian jalan tol.
    Misi Perusahaan:
    Mengelola perusahaan secara profesional, terbuka, dan mematuhi peraturan perundangan yang berlaku untuk menghasilkan kinerja yang ekselen.
    Meningkatkan nilai tambah dan kinerja finansial perusahaan dengan memperhatikan efisiensi biaya dan efektifitas program.
    Memberikan jasa pengoperasian yang bermutu tinggi serta menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam pelaksanaannya.
    Melakukan perbaikan berkesinambungan di semua aspek dengan mengedepankan pembelajaran tenaga kerja dan pembelajaran organisasi, dalam rangka membangun perusahaan yang tumbuh dan berkembang.

    Tata Nilai Perusahaan:
    FOKUS PELANGGAN

    :

    Memberikan pelayanan yang melampaui harapan pelanggan.

    PROFESIONAL

    :

    Memiliki kompetensi yang dapat diandalkan dan berkomitmen memberikan kinerja terbaik.

    INTEGRITAS

    :

    Memiliki komitmen untuk selalu konsisten antara pikiran, perkataan dan perbuatan, yang dilandasai oleh prinsip-prinsip kejujuran dan kebenaran.

    Kebijakan Perusahaan K3:
    Kebijakan Perusahaan ditetapkan dalam Keputusan Direksi PT Jalantol Lingkarluar Jakarta nomor 111/KPTS-JLJ/IX/2010 tanggal 17 September 2009.
    Memahami persyaratan pengguna jalan dan memenuhi kepuasan pengguna jalan.
    Meminimalkan potensi bahaya, cidera dan sakit akibat kerja bagi karyawan, pekerja dan pihak lain yang terkait dengan operasional Perusahaan.
    Terus menerus melakukan perbaikan berkesinambungan disemua aspek, termasuk peningkatan ketrampilan dan keahlian karyawan dan pekerja.
    Menjalankan bisnis secara profesional berbasis ilmu pengetahuan.
    Mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku.
    Menerapkan sistem manajemen berstandar Internasional untuk mencapai kinerja ekselen

    Nama: irfan rizqoni
    Npm: 147051287
    Semester: III (3)
    Kelas: B2

  15. Nama perusahaan : PT JALAN TOL LINGKAR LUAR JAKARTA
    Alamat perusahaan : Plaza Jatiasih Bekasi 17423 Indonesia
    Visi perusahaan :
    Menjadi perusahaan yang terpercaya, dalam menjalankan usaha di bidang pengoperasian jalan tol
    Misi perusahaan :
    •Mengelola perusahaan secara profesional, terbuka, dan mematuhi peraturan perundanga yang berlaku untuk menghasilkan kinerja yang ekselen.
    •Meningkatkan nilai tambah dan kinerja finansial perusahaan dengan memperhatikan efisiensi biaya dan efektifitas program.
    •Memberikan jasa pengoperasian yang bermutu tinggi serta menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam pelaksanaannya.
    •Melakukan perbaikan berkesinambungan di semua aspek dengan mengedepankan pembelajaran tenaga kerja dan pembelajaran organisasi, dalam rangka membangun perusahaan yang tumbuh dan berkembang.
    Tata nilai perusahaan :
    •FOKUS PELANGGAN : Memberikan pelayanan yang melampaui harapan pelanggan.
    •PROFESIONAL : Memiliki kompetensi yang dapat diandalkan dan berkomitmen memberikan kinerja terbaik.
    •INTEGRITAS : Memiliki komitmen untuk selalu konsisten antara pikiran, perkataan dan perbuatan, yang dilandasai oleh prinsip-prinsip kejujuran dan kebenaran.
    Kebijakan perusahaan:
    Kebijakan Mutu dan Kebijakan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang dimuat dalam Kebijakan Perusahaan telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Direksi No. 111/KPTS-JLJ/IX/2009:
    •Memahami persyaratan pengguna jalan dan memenuhi kepuasan pengguna jalan.
    •Meminimalkan potensi bahaya, cidera dan sakit akibat kerja bagi karyawan, pekerja dan pihak lain yang terkait dengan operasional Perusahaan
    •Terus menerus melakukan perbaikan berkesinambungan disemua aspek, termasuk peningkatan ketrampilan dan keahlian karyawan dan pekerja.
    •Menjalankan bisnis secara profesional berbasis ilmu pengetahuan.
    •Mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku.
    •Menerapkan sistem manajemen berdasarkan standar internasional untuk mencapai kinerja ekselen.
    Nama : Ferdy Suhanda S.M.
    NIM : 14.11.106.701501.1221
    Semester : 3
    Kelas : B1

  16. Nama Perusahaan :
    PT. TOTAL BANGUN PERSADA Tbk (TOTL.JK)

    Alamat :
    TOTAL BUILDING MANAGEMENT
    Gedung Total Lt. 10
    Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 106A, Jakarta 11440
    Tel: (021) 5680588, 5680569, 5680569
    Faksimili: (021) 5680566
    E-mail: totalbp@totalbp.com

    VISI :
    • Total Bangun Persada – perusahaan konstruksi bangunan gedung terbesar, terdepan dan kekuatan utama dalam industri konstruksi Indonesia.
    • Perusahaan konstruksi bangunan gedung utama dan terpandang di Asia Tenggara.
    • Kami ingin dikenal sebagai organisasi konstruksi yang berintegritas, terpandang, adil dalam berbisnis (fair dealing), berkualitas, bangga dan prima.
    • Perusahaan yang berkomitmen untuk kepuasan pelanggan dengan menghasilkan kualitas kerja serta memberikan pelayanan prima.
    • Perusahaan yang segenap karyawannya bangga bekerja di dalam industri konstruksi, dimana mereka dapat tumbuh dan berkinerja yang terbaik, dan secara terus-menerus berupaya untuk mencapai keprimaan.

    MISI :
    Bangga & Prima dalam Konstruksi

    Nilai-nilai Perusahaan :
    • Kinerja
    Komitmen terhadap mutu & excellence
    Komitmen terhadap customer
    Mengerjakan hal-hal biasa secara luar biasa
    Mengadakan perbaikan terus menerus (continous improvement)
    • Karakter
    Memiliki integritas yang tinggi
    Dapat dipercaya dan dapat diandalkan
    Bersikap fair dan adil terhadap siapapun
    Selalu menepati janji
    • Semangat
    Bekerja erat dan menghargai setiap karya dan upaya rekan kerja & mitra usaha
    Mampu menyesuaikan dengan keadaan yang berubah
    Berorientasi ke depan
    Bangga terhadap profesi dan hasil karya

    Kebijakkan K3 :
    Pemenuhan terhadap peraturan dan standar Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) menjadi prioritas bagi PT Total Bangun Persada Tbk untuk melindungi segenap karyawan, aset, data, properti perusahaan serta lingkungan.
    Upaya-upaya keselamatan kerja yang dilaksanakan pada suatu lingkungan kerja merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan beserta seluruh karyawan. Karyawan pada konteks ini tidak hanya terbatas pada personil dari perusahaan yang bersangkutan namun juga personil dari luar perusahaan seperti halnya tamu, karyawan kontraktor, pekerja/tukang atau pun pemasok.
    Dalam lingkungan TOTAL, keselamatan karyawan menempati urutan teratas. Oleh karena itu, TOTAL mengupayakan yang terbaik bagi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi keselamatannya. Perusahaan memastikan bahwa seluruh karyawan menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur standar keselamatan yang sesuai dengan peraturan Perusahaan. TOTAL mengembangkan budaya keselamatan yang mendukung dan melibatkan peran aktif seluruh karyawan, subkontraktor, serta pihak lain yang melaksanakan aktivitasnya di area proyek.
    TOTAL mewajibkan seluruh karyawan yang berada di lokasi proyek konstruksi untuk menggunakan standar Alat Pangaman Diri (APD) seperti helm pelindung kepala, safety shoes, body harnes, rompi/vest dan lain-lain sesuai dengan tingkat resiko pekerjaan dan hal ini merupakan kewajiban yang harus dipatuhi demi keselamatan karyawan itu sendiri.
    TOTAL senantiasa mewajibkan seluruh subkontraktor yang bekerja di lingkungan proyek untuk mematuhi aspek-aspek K3L/HSE. Seluruh persyaratan K3L selalu diinformasikan sejak awal tender agar subkontraktor memperhitungkan komponen biayanya. Rencana kegiatan proyek yang telah dibuat subkontraktor dipresentasikan serta didiskusikan guna menyamakan persepsi mengenai standar K3L/HSE. Para pekerja subkontraktor diberikan panduan awal untuk membentuk pola pikir serta perilaku kerja yang diharapkan mampu menjamin keselamatan karyawan di area lingkungan proyek.

    NAMA : DEASY FRINELIA PESIK
    NIM : 14.11.106.70101.1215
    SEMESTER : III
    KELAS : B1

  17. PT. UNITED TRACTORS
    JL. Jenderal Sudirman, No. 023 Rt. 022, Damai, 76114

    VISI :
    Menjadi perusahaan kelas dunia berbasis solusi di bidang alat berat, pertambangan dan energi, untuk menciptakan manfaat bagi para pemangku kepentingan.

    MISI :
    Menjadi perusahaan yang :

    1. Bertekad membantu pelanggan meraih keberhasilan melalui pemahaman usaha yang komprehensif dan interaksi berkelanjutan.

    2. Menciptakan peluang bagi insan perusahaan untuk dapat meningkatkan status sosial dan aktualisasi diri melalui kinerjanya.

    3. Menghasilkan nilai tambah yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan melalui tiga aspek berimbang dalam hal ekonomi, sosial dan lingkungan.

    4. Memberi sumbangan yang bermakna bagi kesejahteraan bangsa.

    VALUE (NILAI PERUSAHAAN):
    Perseroan kini semakin mengintesifkan upaya sosialisasi dan penerapan seluruh aturan yang terkandung dalam Kode Etik Perusahaan, Perseroan juga intensif mensosialisasikan butir-butir budaya perusahaan sebagai nilai-nilai perusahaan untuk diwujudkan dalam perilaku seluruh jajaran Perseroan sehari-hari.

    KOMITMEN K3:
    Perseroan berkomitmen untuk menerapkan budaya K3 di semua bagian organisasi, dimana setiap karyawan bertanggung jawab melaksanakan upaya-upaya pencegahan kecelakaan, untuk mencapai nihil kecelakaan kerja sehingga semua karyawan dapat bekerja dengan aman. Kepemimpinan harus menjadi inti dari strategi keselamatan dan telah mendorong perbaikan yang luar biasa dan meningkatkan kepedulian akan pentingnya K3 di seluruh bagian organisasi. Setiap pimpinan unit kerja harus menjadi contoh yang nyata dan penuh semangat dalam mengutamakan keselamatan, bersedia untuk bertanggung jawab atas keselamatan semua orang yang bekerja di dalam timnya dan secara konsisten menetapkan standar yang tinggi melalui contoh perilaku atau sikap kerja yang aman. Para karyawan juga dilibatkan dalam identifikasi bahaya dan pengendalian risiko, serta berperan aktif dalam pelaksanaan perbaikan lingkungan kerja, keselamatan dan kesehatan di operasional Perseroan.

    Untuk menjamin pelaksanaan aturan berkaitan dengan K3, Perseroan memiliki komite K3 dalam bentuk Panitia Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang terdiri dari unit kerja keselamatan dan kesehatan kerja. Anggota P2K3 adalah seluruh karyawan yang ditunjuk dari masing-masing unit kerja dan mereka secara bersama-sama melakukan pemantauan akan kepatuhan pelaksanaan K3.

    Ketentuan mengenai fungsi dan kedudukan P2K3 serta tugas yang menjadi tanggung jawabnya, ditegaskan pula dalam pasal tertentu dari Perjanjian Kerja Bersama (PKB), yang merupakan bentuk kesepakatan antara Perseroan dengan karyawan. Komitmen Perseroan untuk mematuhi pelaksanaan K3 tersebut diwujudkan dengan pencantuman butir-butir K3 dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB), yakni pada Bab VIII Pasal 74-78 Perjanjian Kerja Bersama, yang mengatur kewajiban Perseroan, untuk:

    a. Menyediakan Alat Perlindungan Diri (APD);
    b. Membentuk Komite bersama pengelolaan K3;
    c. Menyertakan perwakilan pekerja dalam kegiatan inspeksi;
    d. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan mengenai prosedur keselamatan kerja; dan
    e. Melaksanakan pemeriksaan berkala terhadap kelaikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

    Butir-butir ketentuan tersebut menegaskan kewajiban Perseroan untuk menciptakan kondisi kerja yang menjamin keselamatan kerja dan kesehatan kerja para karyawan, termasuk menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi para karyawan. Di lain pihak para karyawan juga dituntut untuk memenuhi seluruh ketentuan yang sudah diatur guna menjamin keselamatan maupun kesehatan selama bekerja.

    Nama : Ariska Sanjaya
    Kelas : B1 D4-K3
    Semester : III
    NPM : 14.11.106.701501.1239

  18. PT.PINDAD
    Jl. Jend. Gatot Subroto No . 517
    Bandung

    Visi perusahaan :
    Menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di asia pada tahun 2023, melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategi.

    Misi perusahaan:
    Melaksanakan usaha terpadu di bidang peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan industrial untuk mendukung pembangunan nasional dan secara khusus untuk mendukung pertahanan dan keamanan Negara.

    Tata nilai :
    Pedoman tatakelola perusahaan menjadi landasan azas transparansi , akuntabilitas,responsibilitas,/pertanggung jawaban , independensi/kemandirian dan fairness/kewajaran untuk meningkatkan kerja dan citra perusahaan .
    Penerapan Good Corporate Governance ( GCG) pada PT Pindad ( pesero) merupakan salah satu sarana untuk mencapai visi , misi dan tujuan perusahaan secara efektif dan lebih cepat, sehingga dapat memberikan kepercayaan kepada stakeholders bahwa perusahaan di kelola dengan baik dan benar untuk mendapat hasil yang wajar dan bernilai tinggi . penerapan GCG juga mendorong pengelolaan perusahaan secara profesioanal , transparan dan efisien dengan pengelolaan resiko dan sumberdaya yang lebih efektif serta untuk mendorong setiap unsure pimpinan dapat mengambil keputusan dan menjalankannya dengan landasa nilai moral yang tinggi dan kepatuhan pada peraturan perundang – undangan yang berlaku, serta kesadaran akan adanya tanggung jawab social perusahaan terhadap stakeholders dan mencegah penyimpanagan pada proses bisnis perusahaan.

    Kebijakan/komitmen perusahaan terhadap k3:
    1.Menerapkan dan mengembangkan sistem managemen mutu dan K3LH secara benar , tepat dan konsistendengan komitmen mematuhi peraturan , perundangan dan persyaratan mutu & K3LH yang berlaku, baik dalam pelanggaran , pemerintah dan pihak terkait yang diikuti perusahaan.
    2. berupaya menjegah kecelakaan kerja , penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan dengan menjamin setiap kegiatan / aktivitas perusahaan berwawasan lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan hidup .
    3. komitmen terhadap lingkungan yang dikelola meliputi ; pengelolaan sampah dan limbah , pelestarian lingkunganseperti flora dan fauna.
    4. pelaksanaan dan penerapan manajemen resiko ,pada tahun buku 2014, perusahaan berusaha meningkatkan penerapan manajemen resiko dan menetapkan fungsi manajemen resiko ke dalam organisasi perusahaan dengan membentuk divisi legal & manajemen resiko pada bulan agustus 2014, dimana divisi legal & manajemen resiko berada dibawah direktorat keuangan . pengalokasian sumberdaya manusia untuk pengelolaan manajemen resiko secara bertahap mulai terealisasi pada awal bulan oktober 2014.

    Nama: Mohammad suryanto
    NIM: 14.11.106.701501.1249
    Semester: 3
    Kls: B 1

  19. PT.Petrosea Tbk.
    Perusahaan Pertambangan
    JL. Tanjung Batu · (0542) 417138

    Visi

    Menjadi salah satu Perusahaan terkemuka yang menyediakan jasa di sektor Pertambangan, Minyak & Gas serta Infrastruktur di Asia Tenggara.

    Misi

    Menyediakan solusi yang inovatif di sektor Pertambangan, Minyak & Gas serta Infrastruktur untuk menciptakan kepuasan bagi seluruh klien dan pemangku kepentingan.

    VALUE (Nilai Perusahaan)

    – Tanggung Jawab Sosial
    Petrosea memiliki komitmen tinggi pada pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial (CSR) yang berhubungan dengan karyawan, publik dan lingkungan. Petrosea memiliki fokus terhadap 4 area dalam melakukan kegiatan CSR nya, yaitu: Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, Kesehatan dan Lingkungan.

    Seluruh program CSR yang dilakukan Petrosea bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan meningkatkan kondisi lingkungan di area sekitar proyek-proyek perusahaan.

    Dengan bekerja sama dengan komunitas lokal, kami percaya bahwa kami dapat meraih kualitas hidup baik yang berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik.

    – Sumber Daya Manusia
    Di Petrosea kami fokus dalam menarik dan menjaga orang-orang terbaik dengan tujuan menjadi “Perusahaan Pilihan” dalam industri kami. Petrosea mempekerjakan orang-orang yang menunjukkan kompetensi (keahlian, pengetahuan, perilaku dan atribusi) untuk memenuhi tujuan Perusahaan. Kami adalah Perusahaan Indonesia yang bernilai dan berstandar internasional dengan karyawan dari Indonesia maupun manca negara yang menyatu dalam proyek-proyek dan fungsi pendukung kami.
    Hingga saat ini, Perusahaan telah mencatat kesuksesan yang baik serta memiliki pengalaman luas dalam membentuk hubungan yang harmonis dan keberlanjutan dengan para karyawan. Hal ini tetap menjadi prioritas utama kami dan akan selalu fokus pada pencapaian dan pengembangan ini melalui strategi manajemen SDM kami, yaitu:

    Program Graduate Development: Progam pengembangan yang komprehensif untuk membentuk pemimpin masa depan
    Pembelajaran & Pengembangan : Kompetensi yang berkelanjutan serta pengembangan keahlian yang didukung oleh Petrosea Academy
    Sistem Penghargaan : Adil, setimpal dan sistem yang konsisten untuk meningkatkan nilah dari para karyawan
    Lingkungan kerja : Penuh semangat, multikultural, lingkungan terbuka yang didukung oleh perpaduan sistem termasuk Jigsaw, Gemcom Surpac, Talpac, pac, minescape dan OpsDB

    – Manajemen Mutu
    Prioritas utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun hubungan yang kuat untuk menambahkan nilai nyata pada kegiatan operasi mereka. Kami fokus dalam memberikan nilai tambah kepada semua pelanggan kami dengan melaksanakan Petrosea Quality Management System (PQMS). Proses bisnis pokok terletak di dalam sistem PQMS yang terpadu untuk memenuhi persyaratan dari sisi operasi, kualitas, dan Kesehatan, Keselamatan Kerja & lingkungan (K3L).

    Bersama-sama, kami terus menerus meningkatkan kinerja dengan secara aktif membantu perkembangan prinsip-prinsip dari:

    Tanggung jawab Pribadi
    Akuntabilitas
    Manajemen Risiko
    Budaya Belajar
    Satu Pendekatan Konsisten
    Petrosea telah memiliki Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari Lloyd’s Register (LRQA).

    KOMITMEN K3 :
    HSE
    Di Petrosea, kami memastikan bahwa seluruh karyawan, klien, vendor dan kontraktor kami berkomitmen untuk melaksanakan proses perencanaan dan persiapan untuk mengidentifikasi serta mengurangi resiko yang dapat mempengaruhi karyawan, kontraktor, tamu, operasional, aset, lingkungan dan masyarakat demi mencapai target “Zero Harm to People, Community and Environment”.

    Kami juga memastikan implementasi seluruh aspek legal dengan menyediakan sumber daya manusia, finansial dan teknologi untuk secara aktif menjalankan Sistem Pengelolaan K3L. Kami juga menyediakan peralatan K3L yang spesifik kepada setiap individual and memiliki Kebijakan K3L berserta program-program yang komprehensif untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan kerusakan lingkungan.

    Petrosea telah memperoleh sertifikasi OHSAS 18001:2007 untuk Health and Safety Management System dan ISO 14001:2004 untuk Environmental Management System.

    NAMA: Muhammad Syamsul Hadi
    KELAS: B1
    SEMESTER: 3
    NPM: 14.11.106.701501.1235

  20. Nama Perusahaan

    PT.ADARO INDONESIA

    Alamat Perusahaan

    Alamat: Jl. Kapten Tendean No.174, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Sel. 70124
    Telepon:(0511) 3251741

    Visi :

    1. Menjadi kelompok perusahaan tambang dan energy Indonesia yang terkemuka.

    Misi :

    Kami bergerak dibidang pertambangan dan enegy untuk :
    1. Memuaskan kebutuhan pelanggan.
    2. Mengembangkan karyawan.
    3. Menjalin kemitraan dengan pemasok.
    4. Mendukung pembangunan masyarakat dan Negara.
    5. Mengutamakan keselamatan dan kelestarian lingkungan.
    6. Memaksimalkan nilai bagi pemegang saham.

    Tata Nilai :

    1. Fokus kepada pelanggan.
    2. QCDS (Quality/Kualitas, Cost/Biaya, Delivery/Penyampaian, Safety/Keselamatan).
    3. Menghargai sesama dan membangun kerja sama Sinergis.

    Karakteristik Individu yang di harapkan :

    1) Attitude (Sikap Mental).
    2) Determined (Berketetapan).
    3) Adaptive (Mudah Beradaptasi).
    4) Responsive (Tanggap).
    5) Open Minded (Berwawasan Terbuka).
    6) Integrity (Integritas).
    7) Balanced (Seimbang).
    8) Team Spirit (Semangat Kerja Sama).
    4. PDCA (Plan Do Check Action)/(Merencanakan, Mengerjakan, Memeriksa, Menindak).
    5. KISS (Keep It Simple Spirit)/(Cara kerja yang sederhana).

    6. MBL (Management By Love)/(Manajemen Kasih).

    komitmen K3

    Di Adaro Energy maupun seluruh anak perusahaan, kami secara konsisten melakukan upaya terbaik demi terciptanya lingkungan kerja yang aman. Kami percaya bahwa setiap kejadian, cidera dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan bisa dicegah.

    Pada saat yang sama kami juga ingin selalu menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, yang berarti meminimalisasi dampak operasi perusahaan terhadap lahan yang ada dan merehabilitasinya secara komprehensif dan semaksimal mungkin.

    Mulai tahun 2013, perusahaan menerapkan lima pilar berikut dalam pengelolaan Mutu, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan, atau yang dikenal dengan istilah Quality, Health, Safety, and Environment (QHSE):

    NAMA : Ahmad Yandi

    KELAS : B1

    SEMESTER : 3

    NPM : 14.11.106.701501.1229

  21. PT.TOTAL BANGUN PERSADA Tbk
    Jl.Letjen.S.Parman Kav. 106
    Jakarta Barat 11440
    Indonesia
    Visi :
    Total Bangun Persada – perusahaan konstruksi bangunan gedung terbesar, terdepan dan kekuatan utama dalam industri konstruksi Indonesia.
    Perusahaan konstruksi bangunan gedung utama dan terpandang di Asia Tenggara.Kami ingin dikenal sebagai organisasi konstruksi yang berintegritas, terpandang, adil dalam berbisnis (fair dealing), berkualitas, bangga dan prima.Perusahaan yang berkomitmen untuk kepuasan pelanggan dengan menghasilkan kualitas kerja serta memberikan pelayanan prima. Perusahaan yang segenap karyawannya bangga bekerja di dalam industri konstruksi, dimana mereka dapat tumbuh dan berkinerja yang terbaik, dan secara terus-menerus berupaya untuk mencapai keprimaan.
    Misi :
    Bangga & Prima dalam Konstruksi
    Value (Nilai Perusahaan) :
    Kinerja
    – Komitmen terhadap mutu & excellence
    -Komitmen terhadap customer
    -Mengerjakan hal-hal biasa secara luar biasa
    -Mengadakan perbaikan terus menerus (continous improvement)
    Karakter
    -Memiliki integritas yang tinggi
    -Dapat dipercaya dan dapat diandalkan
    -Bersikap fair dan adil terhadap siapapun
    -Selalu menepati janji
    Semangat
    -Bekerja erat dan menghargai setiap karya dan upaya rekan kerja & mitra usaha
    -Mampu menyesuaikan dengan keadaan yang berubah
    -Berorientasi ke depan
    -Bangga terhadap profesi dan hasil karya
    Komitmen K3 :
    Pemenuhan terhadap peraturan dan standar Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) menjadi prioritas bagi PT Total Bangun Persada Tbk untuk melindungi segenap karyawan, aset, data, properti perusahaan serta lingkungan.
    Upaya-upaya keselamatan kerja yang dilaksanakan pada suatu lingkungan kerja merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan beserta seluruh karyawan. Karyawan pada konteks ini tidak hanya terbatas pada personil dari perusahaan yang bersangkutan namun juga personil dari luar perusahaan seperti halnya tamu, karyawan kontraktor, pekerja/tukang atau pun pemasok.
    Dalam lingkungan TOTAL, keselamatan karyawan menempati urutan teratas. Oleh karena itu, TOTAL mengupayakan yang terbaik bagi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi keselamatannya. Perusahaan memastikan bahwa seluruh karyawan menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur standar keselamatan yang sesuai dengan peraturan Perusahaan. TOTAL mengembangkan budaya keselamatan yang mendukung dan melibatkan peran aktif seluruh karyawan, subkontraktor, serta pihak lain yang melaksanakan aktivitasnya di area proyek.
    TOTAL mewajibkan seluruh karyawan yang berada di lokasi proyek konstruksi untuk menggunakan standar Alat Pangaman Diri (APD) seperti helm pelindung kepala, safety shoes, body harnes, rompi/vest dan lain-lain sesuai dengan tingkat resiko pekerjaan dan hal ini merupakan kewajiban yang harus dipatuhi demi keselamatan karyawan itu sendiri.
    TOTAL senantiasa mewajibkan seluruh subkontraktor yang bekerja di lingkungan proyek untuk mematuhi aspek-aspek K3L/HSE. Seluruh persyaratan K3L selalu diinformasikan sejak awal tender agar subkontraktor memperhitungkan komponen biayanya. Rencana kegiatan proyek yang telah dibuat subkontraktor dipresentasikan serta didiskusikan guna menyamakan persepsi mengenai standar K3L/HSE. Para pekerja subkontraktor diberikan panduan awal untuk membentuk pola pikir serta perilaku kerja yang diharapkan mampu menjamin keselamatan karyawan di area lingkungan proyek.
    Nama : Siti Halimatus Soleha
    NIM : 14.11.106.701501.1244
    Semester : 3
    Kelas : B1

  22. PT TRAKINDO RENTAL STORE
    Jl. Jenderal Sudirman No. 848
    Balikpapan 76114 – Indonesia,PO Box 128

    Visi :
    Untuk menjadi perusahaan kelas dunia penyedia Caterpillar peralatan solusi.

    Misi :
    Untuk mendirikan sebuah entitas yang menciptakan peluang kerja yang berharga dan menantang bagi masyarakat Indonesia sebanyak mungkin, sementara menggabungkan nilai berikut:
    -Pembangunan yang berkelanjutan dari karyawan
    -Pertumbuhan modal yang konsisten (keuangan, kekayaan intelektual, merek identitas) dan reinvestasi modal ke dalam bisnis, dan
    -Mempertahankan praktik bisnis yang sangat etis.

    Value (Nilai Perusahaan) :
    1.INTEGRITAS
    Kita senantiasa menerapkan standar etika dan moral tertinggi dengan selalu mengedepankan azas kejujuran dan keadilan dalam setiap kegiatan
    2.PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN
    Kita bertekad untuk senantiasa mengembangakan perusahaan kita berikut sumber daya manusianya
    3.KEUNGGULAN
    Kita terus berupaya mencapai standar kinerja tertinggi
    4.PROAKTIF
    Kita terus mencari dan mengadopsi teknik dan pendekatan baru untuk meningkatkan mutu bisnis kita
    5.TANGGUNG JAWAB
    Kita bertanggung jawab kepada seluruh pemangku kepentingan atas segala keputusan dan tindakan yang kita ambil
    6.KERJA SAMA KELOMPOK
    Kita mendorong dan mendukung keanekaragaman tenaga kerja berdasarkan azas saling percaya dan menghormati serta bersama-sama mencapai semua sasaran yang telah ditetapkan dengan berkomunikasi secara baik.

    Komitmen K3 :
    Melakukan operasi kami dengan aman dan bertanggung jawab keselamatan, masalah kesehatan dan lingkungan selalu yang paling menjadi perhatian kita di Trakindo. Dia praktek-praktek perusahaan diatur oleh sebuah kerangka kerja formal yang terdiri dari dasar kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran kinerja, review dan perbaikan terus-menerus.
    Kebijakan manajemen dia di Trakindo mematuhi OHSAS 18001, ISO 14001, dan Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2012 pada implementasi keselamatan dan kesehatan manajemen sistem ( SMK3 ). Kebijakan yang dirancang untuk memastikan bahwa tempat kerja dan lingkungan operasi memadai melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan, pelanggan, dan mitra, mencegah terjadinya kehilangan personil atau properti, dan menjaga kualitas lingkungan di lokasi pekerjaan.
    Kami secara konsisten memberikan untuk memastikan insiden dan tempat kerja yang bebas cedera melalui penerapan peraturan ketat keselamatan dan prosedur berdasarkan penerapan standar industri indikator, seperti insiden Frequency Rate dan tingkat keparahan insiden, untuk mengukur efektivitas sistem manajemen keselamatan kami.
    Trakindo juga berkomitmen untuk melindungi lingkungan dengan mencegah polusi dari limbah, emisi, dan pelepasan dipengaruhi oleh operasional kami.
    Semua karyawan kami menerima pelatihan komprehensif dan wajib pada praktek keselamatan kerja dan prosedur situasi darurat, dan senantiasa sepenuhnya diberitahu terbaru dia masalah melalui saluran komunikasi internal perusahaan. Di Trakindo, dia tidak hanya slogan tapi merupakan bagian integral dari budaya kerja, seperti yang tercermin dalam daftar panjang pemerintah
    Selain itu, kami juga pergi mil ekstra untuk memastikan bahwa dia kebijakan dan prosedur kami sepenuhnya mematuhi di sepanjang waktu relevan dan peraturan.

    Nama : Annisa Nurhayat Tsalatsa
    NIM : 14.11.106.701501.1245
    Semester : 3
    Kelas : B1

  23. 1. Nama Perusahaan : PT.Krakatau steel Tbk.

    2. Alamat perusahaan : Gedung Krakatau Steel, floor 4th
    Jl. Gatot Subroto Kav. 54
    Jakarta Selatan 12950
    Indonesia

    3. VISI MISI PERUSAHAAN

    VISI : Perusahaan baja terpadu dengan keunggulan kompetitif untuk tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan menjadi perusahaan terkemuka di dunia.

    MISI : Menyediakan produk baja bermutu dan jasa terkait bagi kemakmuran bangsa.

    4. TATA NILAI PERUSAHAAN

    Competence
    Mencerminkan kepercayaan akan kemampuan diri serta semangan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keahlian dan sikap mental demi peningkatan kinerja yang berkesinambungan.

    Integrity
    Mencerminkan komitmen yang tinggi terhadap setiap kesepakatan, aturan dan ketentuan serta undang-undang yang berlaku, melalui loyalitas profesi dalam memperjuangkan kepentingan perusahaan.

    Reliable
    Mencerminkan kesiapan, kecepatan dan tanggap dalam merespon komitmen dan janji, dengan mengsinergikan berbagain kemampuan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.

    Innovative
    Mencerminkan kemauan dan kemampuan untuk menciptakan gagasan baru dan implementasiyang lebih baik dalam memperbaiki kualitas proses dan hasil kerja di atas standar.

    5. KEBIJAKAN LINGKUNGAN DAN K3
    – Merupakan titik acuan dari pengembangan system
    – Berisi Komitmen manajemen puncak untuk
    -mencegah pencemaran, kecelakaan & penyakit.
    -perbaikan berkesinambungan.
    -kepatuhan terhadap peraturan.

    – Komitmen ditujukan untuk semua karyawan, guna secara konsisten ikut bertanggung jawab pelaksanaan System
    -Merupakan kerangka tujuan yang akan dicapai, sehingga perlu disosialisasikan kepada semua karyawan

    Nama : Bagus Nurwanto
    NPM : 14.11.106.701501.1258
    Kelas : B1 D4-K3
    Semester : 3

  24. NAMA PERUSAHAAN

    PT. BANGUN INDAH PERKASA NUSANTARA

    ALAMAT PERUSAHAAN

    RUKO GALAXY BUMI PERMAI J-1 / 16,
    Jln. Sukosemolo 110, Surabaya ( 60119 )
    PHONE : ( 031 ) 5952302, 70987544.
    FAX : (031 ) 5938204
    E-mail : ptbipn@gmail.com

    VISI DAN MISI

    Visi:
    Terwujudnya budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia pada umumnya, dan dilingkungan kontruksi atau proyek pada khususnya.

    Misi :

    Meningkatkan koordinasi yang sinergis antar pengandil ( stakeholders) bidang K3.
    Meningkatkan kemandirian dunia usaha dalam menerapkan K3.
    Meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja di bidang K3.

    TATA NILAI SUATU PERUSAHAAN

    Penerapan K3 dalam sistem manajemen perusahaan memberikan banyak keuntungan selain peningkatan produktifitas kerja dan tetap terjaganya kesehatan, keselamatan kerja, penerapan K3 juga dapat meningkatkan citra baik perusahaan yang dapat memperkuat posisi bisnis perusahaan. Dengan komitmen penerapan K3, angka kecelakaan kerja dapat ditekan sehingga dapat menekan biaya kompensasi akibat kecelakaan kerja.

    Keselamatan dan kesehatan kerja di dalam perusahaan akan dijadikan sebagai culture yang harus dilaksanakan oleh seluruh karyawan perusahaan, tidak hanya mereka yang bekerja di lapangan saja, tetapi mereka juga yang bekerja di office. Kemudian dalam mengimplementasikan suatu program K3 dari pihak manajemen harus transparan, karena program K3 dibuat tidak hanya untuk divisi K3 sendiri, melainkan disosialisasikan untuk seluruh karyawan, dan manajemen perlu mengevaluasi program tersebut yang telah dijalankan, disini guna untuk mengkroscheck kembali apakah K3 itu sudah berjalan dengan maksimal sesuai dengan standard K3 yang berlaku, dalam mengurangi tingkat kecelakaan kerja, dan how to make of safe in environmental work. “Intinya pekerja dan manajemen haruslah sama-sama memperhatikan K3 karena memiliki dampak pada masing-masing mereka. Peran manajemen puncak adalah paling utama, berupa penyediaan fasilitas dan penjelasan atau sosialisasi K3 kepada semua karyawan.

    KEBIJAKAN, STRATEGI

    Prinsip-Prinsip Panduan :

    Semua orang yang bekerja di lokasi kami mempunyai hak untuk mendapatkan lingkungan/kondisi kerja yang aman dan sehat dan mempunyai kewajiban untuk memberikan kontribusi pada kondisi tersebut dengan berperilaku yang bertanggung jawab. K3 kami nilai sebagai bisnis utama yang diintregasikan pada seluruh kinerja bisnis. Setiap cedera atau kasus sakit akibat hubungan kerja, dapat dihindari dengan sistem kerja , peralatan , substansi, training dan supervisi yang tepat.

    Manajemen K3 yang efektif mencakup penilaian resiko dari desain lokasi sejak awal tahap konstruksi, komisioning dan perencanaan secara keseluruhan dari suatu organisasi dan pemeliharaannya. Semua kegiatan operasinal kami harus secara kontinyu meningkatkan kinerja K3.

    Peran dan Tanggung Jawab Utama

    Setiap Manager di semua jenjang, menjamin kesehatan dan keselamatan untuk orang-orang yang ada di tempat kerja di bawah tanggung jawabnya. Manager harus menerapkan kebijakan dan sistem dalam area kontrol dan pengaruhnya. Chief Executive officer (CEO) memikul tanggung jawab ini pada level group, ia mendukung dengan tingkat kepedulian yang tinggi untuk menjamin bahwa dalam tiap divisi dan unit bisnis manajemen memiliki otoritas, keahlian dan sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan tanggung jawabnya.

    Group Executive/Vice President SDM dari Perusahaan bertanggung jawab untuk mengkoordinasi dan mengevaluasi kembali secara keseluruhan kebijakan K3, memberikan rekomendasikan mengenai hal tersebut kepada Komite Eksekutif.

    Semua karyawan memiliki tanggung jawab untuk kesehatan & keselamatan mereka sendiri dan teman lainnya yang berada dalam lingkup/terpengaruh oleh tindakan mereka.

    Proses dan Alat Utama pada tingkat Korporasi

    Divisi memiliki suatu sistem Manajemen K3 untuk memastikan adanya peningkatan kinerja secara berkesinambungan. Hal ini didasarkan pada kebijakan K3 yang merefleksikan kebijakan korporasi dalam hal prinsip-prinsipnya, kerangka kerja, tanggung jawab, koordinasi dan pengawasan, kewajiban ini juga mencakup Unit baru yang bergabung dengan Perusahaan. Sumber daya tertentu seperti manusia, keuangan di dedikasikan dan di identifikasikan guna mencapai target.

    Analisa Resiko

    Proses manajemen dipastikan tersedia untuk menjamin resiko telah di identifikasikan secara baik, terkontrol dalam organisasi, dll. Karyawan, kontraktor dan konsumen berhak dan wajib mendapatkan informasi mengenai resiko yang ada dan langkah langkah yang diambil untuk mengeliminasi atau meminimalkannya. Suatu sistem monitoring dan kesiagaan/alert dipastikan tersedia, yang akan memastikan adanya kontrol pada resiko di tingkat Manajemen sesuai tingkat keseriusannya.

    Kebijakan :

    Peningkatan koordinasi berdasarkan kemitraan yang saling mendukung.
    Pemberdayaan semua pihak, baik itu intern maupun ekstern, agar mampu menerapkan dan meningkatkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja.
    Kontraktor berperan sebagai fasilitator dan regulator.
    Penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari manajemen perusahaan.
    Pemahaman dan penerapan norma keselamatan dan kesehatan kerja yang berkelanjutan.
    Strategi :

    Meningkatkan komitmen antara kontraktor dan tenaga kerja di bidang keselamatan dan kesehatan kerja.
    Meningkatkan peran dan fungsi semua sector dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja.
    Meningkatkan kemampuan, pemahaman, sikap dan perilaku budaya keselamatan dan kesehatan kerja dari kontraktor dan tenaga kerja.
    Melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja melalui manajemen risiko dan manajemen perilaku yang berisiko.
    Mengembangkan sistem penilaian keselamatan dan kesehatan kerja (Audit SMK3) di dunia usaha.
    Meningkatkan penerapan sistem informasi keselamatan dan kesehatan kerja yang terintegrasi.
    Memberikan pemahaman mengenai keselamatan dan kesehatan kerja sejak dini hingga berkelanjutan.
    Meningkatkan integrasi keselamatan dan kesehatan kerja dalam semua bidang disiplin ilmu.

    KOMITMEN K3 di PT. BANGUN INDAH PERKASA NUSANTARA
    Komitmen K3 PT. BANGUN INDAH PERKASA NUSANTARA adalah suatu upaya dalam menjaga dan memelihara kondisi kerja agar senantiasa selamat dalam bekerja dan terhindar dari resiko kecelakaan kerja atau terkena dampak penyakit akibat lingkungan kerja yang berpotensi penyakit.

    Gugus tugas K3 yang akan dibentuk di PT. BANGUN INDAH PERKASA yang memiliki tugas antara lain :

    Melakukan usaha-usaha sistematis untuk meningkatkan keselamatan kerja.
    Menyelidiki dan melaporkan bila terjadi kecelakaan kerja.
    Memperbaiki kondisi yang tidak aman dan tidak sehat.
    Menyediakan peralatan perlindungan kerja bila diperlukan sesuai ketentuan, misalnya helm, jacket, sarung tangan, dsb.
    Memberitahu karyawan apabila ada bahan kimia berbahaya dan sejenisnya ( Untuk pengerjaan proyek-proyek pabrik kimia yang sedang direnovasi,dll )
    Menerima masukan dari para karyawan yang mengalami langsung lingkungan kerja demi peningkatan kondisi K3.
    Memahami perilaku K3 sikap yang senantiasa mengutamakan keselamatan.
    Memahami arti ergonomika yakni ilmu yang mempelajari bagaimana manusia secara psikis dan fisik dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.
    Dalam komitmennya untuk melaksanakan kebijakan K3, PT. BANGUN INDAH PERKASA NUSANTARA dapat membantu mengurangi angka kecelakaan kerja di lingkungan kerja. Dengan sadar dan berkomitmen, perusahaan kami akan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kondisi kerja yang aman dan sehat.

    Dengan adanya komitmen perusahaan dalam menetapkan kebijakan dan peraturan K3 serta dukungan oleh kualitas SDM perusahaan dalam pelaksanaannya, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja, misalnya tidak menggunakan APD ( Alat Pelindung Diri ) dan penggunaan peralatan yang tidak standart, sedang unsafe condition merupakan kondisi tempat kerja yang tidak aman seperti terlalu gelap, panas, dan gangguan-gangguan faktor fisik lingkungan tempat kerja, dapat diminimalkan bahkan dieliminasi.

    Komponen-komponen dalam penerapannya di perusahaan meliputi:

    Adanya komitmen perusahaan tentang K3
    Adanya perencanaan tentang program-program K3
    Operasi dan Implementasi K3
    Pemeriksaan dan tindakan koreksi terhadap pelaksanaan K3 di perusahaan
    Pengkajian manajemen perusahaan tentang kebijakan K3 untuk pelaksanaan berkesinambungan.
    Berdasarkan 5 komponen utama diatas, tahapan dalam penyusunan SMK3 dibagi dalam 7 tahapan, antara lain :

    Mengindentifikasi resiko dan bahaya.
    Mengidentifikasi ketetapan UU dan peraturan yang berlaku.
    Menentukan target dan pelaksana program.
    Melancarkan program perencanaan untuk mencapai target dan objek yang telah ditentukan.
    Mengadakan perencanaan terhadap kejadian darurat.
    Peninjauan ulang terhadap target dan para pelaksana system.
    Penetapan kebijakan sebagai usaha untuk mencapai kemajuan yang berkesinambungan.

    Nama : YANUAR MASCAHYO
    NIM : 14.11.106.701501.1223
    Semester : III
    Kelas : B1

  25. PT Jasa Marga

    Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, 13550 Indonesia Telp +6221 841 3630, 841 3526 Fax. +6221 841 3540

    Visi Misi

    Visi

    Menjadi Perusahaan Pengembang dan Operator Jalan Tol Terkemuka di Indonesia .

    Menjadi Salah Satu Perusahaan Terkemuka di Indonesia

    Misi

    1. Mewujudkan Percepatan Pembangunan Jalan Tol.

    2. Menyediakan Jalan Tol yang Efisien dan Andal.

    3. Meningkatkan kelancaran Distribusi Barang dan Jasa.

    Tata Nilai Perusahaan

    Tata Nilai merupakan nilai-nilai yang telah ada dalam setiap Insan Jasa Marga.

    Tata nilai ini merupakan perwujudan dari sikap dan perilaku seluruh karyawan Jasa Marga yang dilaksanakan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan secara baik dan benar.

    Tata Nilai tersebut adalah:

    JUJUR

    Jasa Marga dalam menjalankan kegiatan usahanya selalu JUJUR, adil, transparan dan Bebas dari benturan kepentingan

    SIGAP

    Jasa Marga SIGAP melayani pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya dengan bertindak peduli dan proaktif serta mengedepankan kehati-hatian

    MUMPUNI

    Jasa Marga MUMPUNI dalam bekerja atas dasar kompetensi, konsisten dan inovatif.

    RESPEK

    Jasa Marga RESPEK terhadap pemangku kepentingan dalam bersinergi mencapai prestasi

    Kebijakan K3

    Sebagai penyelenggara jasa jalan tol di Indonesia, Jasa Marga selalu berupaya meningkatkan pelayanan untuk mencapai sasaran mutu Lancar, Aman dan Nyaman. Dalam rangka mencapai sasaran tersebut, Jasa Marga menerapkan sistem mutu sesuai dengan standar ISO 9001:2000 dan untuk mendukung komitmen tersebut Jasa Marga menetapkan kebijakan mutu sebagai berikut:

    Mengusahakan jasa pelayanan yang bermutu tinggi untuk memenuhi kelancaran, keamanan dan kenyamanan pelanggan.
    Mendorong seluruh karyawan untuk selalu meningkatkan keterampilan dan keahlian serta selalu bertanggung jawab dan tertib dalam menjalankan tugas melayani pelanggan.
    Terus menerus menyempurnakan sistem dan lingkungan kerja ke arah yang lebih efektif dan efisien untuk mendukung tercapainya mutu pelayanan

    Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    Bagi Perseroan, sumber daya manusia adalah aset yang sangat berharga yang harus terus dijaga dan diberdayakan. Pemberdayaan dan perhatian yang tinggi terhadap SDM Perseroan dilakukan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan menyehatkan dengan menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi pada setiap level operasional Perseroan.

    Didalam penerapan program K3, Perseroan secara rutin melakukan inspeksi terhadap faktor-faktor atau hazards yang berpotensi menyebabkan cedera,sakit atau kecelakan, mengidentifikasi ketidakfungsian peralatan, memonitor kondisi lingkungan yang berpotensi menimbulkan masalah K3, serta tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP).

    Selain hal-hal preventif diatas, Unit K3 Perseroan juga secara periodik melakukan analisis keselamatan kerja untuk meninjau ulang metode dan mengidentifikasi praktek pekerjaan yang tidak selamat yang selanjutnya dilakukan suatu tindakan korektif.

    Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    Dalam Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang terintegrasi dengan sistem manajemen Perseroan. Perseroan telah melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

    Pembentukan Organisasi Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja
    Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) adalah badan pembantu di tempat kerja yang merupakan wadah kerja sama antara pengusaha dan karyawan untuk mengembangkan kerja sama, saling pengertian dan partisipasi efektif dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. Pembentukan organisasi P2K3 merupakan amanat dalam Undang Undang No. 01 tahun 1970 dimana P2K3 bertugas memberikan pertimbangan dan dapat membantu pelaksanaan usaha pencegahan kecelakaan kerja dan sakit penyakit akibat kerja dalam Perseroan serta dapat memberikan penerangan efektif pada para pekerja.

    Dalam rangka memenuhi Undang Undang tersebut, maka Perseroan telah membentuk Organisasi P2K3 di lingkungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sampai dengan saat ini ada 8 Cabang, Kantor Pusat dan 1 Anak Perusahaan yang sudah membentuk P2K3, sedangkan Cabang Purbaleunyi belum membentuk P2K3 namun hanya memiliki Koordinator K3 pada struktur organisasi perbaikan mutu. Susunan pengurus P2K3 berasal dari unit yang bervariasi dan keterlibatan wakil dari pekerja.

    Sertifikasi OHSAS 18001:2008 dan Sertifikasi SMK3
    Seluruh Cabang Jasa Marga (Kecuali Cabang Palikanci) Serta PT JLJ telah malaksanakan sertifikasi keselamatan berbasis OHSAS 18001: 2008, namun untuk sertifikasi SMK3 hanya PT JLJ yang baru melaksanakan audit.

    Nama : Arie Prabowo
    NIM : 14.11.106.701501.1224
    Semester : III
    Kelas : B1

  26. CV. Sinar Utama Yamaha Motor Indonesia
    JL. Mayjen Sutoyo, RT. 49 No. 111, Gunung Malang, Balikpapan, Kalimantan Timur, 76115

    • Visi dan Misi Perusahaan
    Visi Perusahaan:
    To Be Number One Market Driven Trend-setter motorcycle Yamaha Company in Indonesia in term of customer satisfaction the empowered human capital guided by shared values.
    ”Menjadi perusahaan kendaraan motor bermerek Yamaha No. 1 yang merupakan pengerak tren pasar motor di Indonesia terkait dengan kepuasan pelanggan yang dimotori oleh human capital dengan panduan nilai yang dianut.“
    Misi Perusahaan:
    Mengembangkan bisnis melalui produk-produk Yamaha yang berkualitas asli Jepang,terdistribusi secara regional Indonesia timur dengan dasar customer satisfaction dan information technology.
    To provide mobility solution which exceed customer expectation with the best value motorcycle & Its related products, thru empowered human capital for the benefit of all stakeholders.
    ”Untuk menyediakan solusi yang fleksibel dalam rangka melampaui harapan pelanggan dengan motor yang bermutu dan produk terkait lainya yang dimotori oleh human capital untuk kesejahteraan bagi semua pihak yang terkait.”

    • Tata nilai yang ada di CV Sinar Utama adalah sebagai berikut:
    1. Listening :Selalu mendengarkan dengan baik kebutuhan customer
    2. Friendly :Bersifat lebih ramah terhadap pelanggan/Customer
    3. Understanding :Seluruh karyawan wajib memahami dan mengerti produk Yamaha
    4. Excellence :Sempurna dalam setiap melakukan pekerjaan
    5. Leadership :Mampu menjadi pemimpin dalam setiap melakukan pekerjaan
    6. Teamwork :Mampu bekerja secara bersama-sama dalam satu team)
    7. Enthusias :Selalu mempunyai sifat antusias dalam mengejar target didalam bekerja

    • Kebijakan CV Sinar Utama sebagai industri sepeda motor di Indonesia adalah sebagai berikut :
    1. Menghasilkan produk sesuai Persyaratan Pelanggan dalam hal kualitas dan Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja (Meet to the Customer Requirement in Quality and Health Safety Environtment)
    2. Menyelesaikan Pekerjaan Sekali Waktu dengan Kualitas Baik dan Aman (One Time Good)
    3. Menyelesaikan pekerjaan Tepat Waktu tanpa mengesampingkan faktor keamanan.(Project Completion on Schedule)
    4. Menjalankan Sistem Manajemen sesuai ISO 9001dan OHSAS 18001 dan Peraturan Perundangan yang berlaku (Comply with ISO 9001 and OHSAS 18001)
    5. Selalu berusaha mencegah terjadinya cidera / sakit akibat kerja ( To Prevent injury and ill health )
    6. Melakukan perbaikan-perbaikan secara berkesinambungan (Continuius Improvement)

    Nama : Randy Setiawan
    NPM : 14.11.106.701501.1227
    Semester : III (Tiga)
    Kelas : B1

  27. PT Chevron Indonesia

    Alamat : Sentral Senayan I Office Tower
    Jl.Asia Afrika No. 8, 12th Floor
    Jakarta 10270
    Indonesia

    Visi :

    tertanam di dalam The Chevron Way yaitu : Menjadi perusahaan energy dunia yang dikagumi karena karyawan,kemitraan,dan kinerjanya.

    Misi :

    – Menyediakan produk-produk energy yang sangat penting untuk kemajuanekonomi yang berkelanjutan dan pengembangan manusia di seluruh dunia.

    – Chevron adalah orang-orang dan suatu organisasi dengan kemampuan dankomitmen tinggi.

    – Chevron adalah mitra terpercaya.

    – Memberikan kinerja berkelas dunia.

    – Dikagumi oleh semua pihak yang berkepentingan – investor, pelanggan,Negara tempat kami beroperasi, masyarakat setempat dan karyawan kami,tidak saja dari hasil yang kami capai tetapi juga dari bagaimana kamimencapainya.

    Tata Nilai Perusahaan :

    Integritas

    Kami jujur kepada pihak lain dan kepada kami sendiri. Kami memenuhi standar etika tertinggi
    dalam setiap kegiatan bisnis yang kami lakukan. Kami melakukan sesuai yang kami katakan.
    Kami menerima tanggung jawab atas semua hasil dan akibat dari pekerjaan dan kegiatan kami.

    Kepercayaan

    Kami mempercayai, menghormati dan mendukung satu sama lain, dan kami berupaya sekuat
    tenaga untuk mendapatkan kepercayaan dari rekan dan para mitra kerja.

    Keanekaragaman

    Kami mempelajari dan menghormati budaya di tempat kami bekerja. Kami menghargai dan
    menghormati keunikan setiap individu dan ragam pandangan serta talenta yang mereka
    tunjukkan. Lingkungan kerja kami sangat terbuka dan kami merangkul beraneka ragam
    komunitas, pendapat, talenta dan pengalaman.

    Terobosan

    Kami mencari peluang-peluang dan terobosan-terobosan baru. Kami menggunakan kreativitas
    kami untuk mendapatkan cara yang tidak konvensional dan praktis untuk memecahkan
    masalah. Pengalaman, teknologi dan keuletan kami membantu kami mengatasi tantangan dan
    memberikan nilai tambah.

    Kemitraan

    Kami mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjadi mitra yang baik untuk membangun
    hubungan yang produktif, kolaboratif, saling mempercayai dan memberikan manfaat dengan
    pemerintah, perusahaan-perusahaan lain, pelanggan, masyarakat dan satu sama lain.
    Melindungi Manusia dan Lingkungan
    Kami menempatkan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja kami serta perlindungan atas
    aset dan lingkungan sebagai prioritas yang tertinggi. Tujuan kami adalah mendapatkan
    pengakuan atas kinerja kelas dunia melalui menerapan Sistem Manajemen Keunggulan
    Operasi (Operational Excellence Management System) secara disiplin.

    Kinerja Tinggi

    Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang kami lakukan,
    dan kami terus berupaya untuk menjadi lebih baik. Kami dengan sungguh-sungguh
    berupaya mencapai hasil yang lebih dari yang diharapkan – oleh kami sendiri dan pihak
    lain. Kami berusaha mencapai hasil terbaik dengan sepenuh tenaga dan dengan tingkat
    urgensi yang tinggi.

    Kebijakan K3 :

    – Menekan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja

    – Memenuhi persyaratan pelanggan dan harapan pelanggan

    – Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

    – Mematuhi persyaratan undang-undang dan persyaratan lain yang berlaku

    – Melakukan perbaikan terus menerus Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Sistem Manajemen Mutu

    Nama : Yosef Agus Frianto Gultom
    Kelas : B1
    NPM : 14.11.106.701501.1217

  28. PT. SURVEYOR INDONESIA (PERSERO)
    Jl. Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76111
    Visi
    Menjadi perusahaan Independent Assurance Nasional yang diakui dunia dalam memberikan solusi menyeluruh kepada pelanggan

    Misi
    • Mendorong pelanggan untuk mampu memenuhi persyaratan pelanggan global sehingga memiliki daya saing global
    • Mitra strategis pemerintah, swasta dan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dan produk dalam negeri pada bidang infrastruktur, kemaritiman, energi dan ketahanan pangan
    • Menyediakan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi nasional dan atau internasional dan teknologi terkini untuk memenuhi tuntutan pasar
    NILAI-NILAI PERUSAHAAN
    • Inovasi
    Menghasilkan cara-cara yang tepat dalam bekerja
    • Integritas
    Melakukan apa yang dikatakan dan mengatakan apa yang dilakukan secara tidak memihak
    • Kompetensi
    Memiliki keahlian, pengetahuan, perilaku dan sikap untuk melaksanakan pekerjaan yang memuaskan
    • Kepedulian
    Menunjukkan kepedulian, penghargaan & sikap membantu

    KEBIJAKAN/KOMITMEN SUATU PERUSAHAAN TERHADAP K3
    PT Surveyor Indonesia Cabang Balikpapan memperoleh penghargaan penerapan memuaskan dan Bendera Emas dengan tingkat pencapaian penerapan SMK3 sebesar 93,97 % dari 166kriteria yang merupakan kategori tingkat Lanjutan dalam penilaian penerapan SMK3 sesuai dengan PP no 50 tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Penghargaan SMK3 diberikan bagi perusahaan yang telah berhasil menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan.
    Pada waktu yang sama, PT Surveyor Indonesia Cabang Pekanbaru juga dinyatakan memperoleh Zero Accident Award. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja sehingga dapat memperoleh nihil kecelakaan kerja (Zero Accident) pada kurun waktu tertentu tanpa menghilangkan waktu kerja. Sesuai dengan kepdirjen PHIPK Kemenakertran No 723/BW/2000 tentang Petunjuk Pelaksanaan tata cara pengajuan, penilaian dan pemberian penghargaan kecelakaan Nihil (Zero Accident Award).
    Peningkatan penerapan K3 dan zero accident di PT Surveyor Indonesia merupakan wujud komitmen dari manajemen PT Surveyor Indonesia dalam memberikan perlindungan K3 bagi para pegawai, tenaga kerja lainnya termasuk tamu, subkontraktor, vendor dll ditempat kerja serta dalam rangka mendukung pencapaian program Pemerintah “Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2015”.
    Gerakan ini mempunyai tujuan mulia yakni meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak untuk optimalisasi pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha dan terwujudnya budaya K3 masyarakat Indonesia.
    Sumber: http://www.ptsi.co.id/id

    NAMA : RACHMAT KURNIA
    NIM : 14.11.106.701501.1226
    SEMESTER : 3
    KELAS: : B1 (SORE)

  29. 1.Nama suatu perusahaan:
    PT BEASCO JAYA MANDIRI
    2.Alamat suatu perusahaan:
    JL. Jendral Sudirman Block D No 1 Balikpapan 7611 Telpon (0542) 443238
    3.VISI DAN MISI PERUSAHAAN
    VISI
    PT. Beasco Jaya Mandiri berkomitmen menyumbangkan keahlian dan pengalamannya demi kemajuan sektor penyediaan jasa pelayanan perawatan fasilitas, konstruksi, mekanikal dan elektrikal dengan mengutamakan mutu pelayanan serta aspek keselamatan dan kesehatan Kerja Lindung Lingkungan dalam pelaksanaan segala aktifitas perusahaan. Bagi kami, perencanaan solusi yang tepat, berkualitas dan terjangkau adalah suatu dedikasi tersendiri yang dapat kami banggakan.
    Kunci kesuksesan kami terletak pada tiga hal utama yaitu penyediaan jasa pelayanan, ketepatan waktu kerja secara efektif dan terpercaya.PT. Beasco Jaya Mandiri selalu berupaya membangun hubungan kemitraan jangka panjang yang didasarkan pada kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
    MISI
    Melaksanakan pengusahaan sektor perdagangan dengan berkomitmen berwawasan mutu dan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja Lingkungan, serta keunggulan yang memberikan nilai tambah bagi Pemangku Kepentingan.
    4.Tata nilai(Value) suatu perusahaan:
    • Lakukan pekerjaan dengan selamat atau tidak sama sekali
    • Selalu ada waktu untuk melakukan pekerjaan dengan benar
    • Kita selalu beroperasi di dalam batas-batas desain dan lingkungan
    • Mengikuti praktek dan prosedur kerja yang selamat
    • Memenuhi kebutuhan pelanggan
    • Mentaati semua peraturan yang berlaku

    5.Kebijakan/Komitmen suatu perusahaan terhadap K3:
    Kami mengharapkan agar pekerjaan dilaksanakan dengan cara sungguh-sungguh memperhatikan keselamatan kerja oleh orang yang bersangkutan agar pekerjaan saudara akan selamatan dn bermanfaat.
    Sebelum melakukan pekerjaan kita harus memastikan bahwa kita dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa akan terjadi kecelakaan atau cidera.Setiap karyawan bertanggung jawab untuk menjadikan hal ini sebagai suatu kenyataan dengan memastikan bahwa semua kegiatan yang dilakukan oleh mereka atau di bawah pengawasan mereka akan dapat diselesaian dengan aman dan dengan cara yang bertanggung jawab.
    Kecelakaan dapat di hindari dengan memakai pertimbangan yang baik dengan akal sehat.Bekerjalah dengan cara yang aman dan mintalah dengan tegas kepada mereka yang bekerja dengan saudara untuk melakukan hal yang sama
    Saya menyadari bahwa keberhasilan keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan akan senantiasa memerlukan usaha tambahan namun demikian saya yakin bahwa hal ini dapat merupakan suatu awal dari perbaikan yang berkesinambungan dari program-program Keselamatan dan Kesehatan kerja dan oprasional saat ini.

    Nama:Reza Pahlawan
    NPM:14.11.106.701501.1230
    Kelas:B1
    Semester:3

  30. NAMA

    PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA

    ALAMAT

    Jl. Bungur Besar No.49, Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610

    VISI

    To become a leading Telecommunication, Information, Media, Edutainment and Services (“TIMES”) player in the region”

    MISI

    Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
    Menyediakan layanan “more for less” TIMES.
    Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.

    TATA NILAU PERUSAHAAN (Value)

    Moral dan etika merupakan landasan penerapan GCG di perusahaan, mengingat bahwa organisasi tidak lain adalah terdiri dari orang-orang di dalamnya. Seiring waktu pembelajaran kami dalam mengelola GCG, maka penerapan GCG tidak dapat dipisahkan dari menjalankan bisnis yang beretika dan membentuk kesadaran Perusahaan dan karyawan yang memiliki kepekaan tanggung jawab sosial kepada masyarakat sebagai wujud menjadi warga negara yang baik agar kami terus maju dan dicintai pelanggan.

    A. Etika Bisnis
    Kami meyakini bahwa prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yaitu bisnis yang berkinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan menaati kaidah-kaidah etika yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Sesuai dengan Keputusan Direksi No.KD.05/2005, kami telah memiliki perangkat Etika Bisnis kami, yang merupakan standar perilaku Perusahaan maupun perilaku karyawannya dalam berhubungan dengan pelanggan, pemasok, kontraktor, sesama karyawan dan pihak-pihak lain yang mempunyai hubungan
    dengan perusahaan.

    B.
    Pemberlakuan Penerapan Kode Etik Bagi Dewan Komisaris, Direksi dan Karyawan
    Sesuai ketentuan Sarbanes Oxley Act (“SOA”) 2002 seksi 406, kami menjalankan kode etik yang berlaku bagi seluruh level organisasi, yaitu Dewan Komisaris, Direksi dan pejabat kunci lainnya serta seluruh karyawan yang dapat dilihat pada website kami http://www.telkom.co.id/hubungan-investor/tata-kelola-perusahaan/kode-etik/ dan setiap
    perubahan dan pengesampingan terhadap kode etik kami informasikan melalui website tersebut.
    C. Penguatan Etika Bisnis Telkom Group
    Sesuai arah pengembangan dan penerapan GCG yang melingkupi Group Usaha, maka dalam pedoman GCG Telkom Group (No.PD.602.00/r.00/HK000/COP-D0030000/2011) ditetapkan kode etik Telkom Group sebagai penguatan budaya Perusahaan meliputi:
    1. Perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group berusaha untuk menjadi perusahaan yang jujur dan menjadi panutan dengan cara menjalankan bisnis yang sehat, kuat dan adil yang digerakkan oleh tata nilai yang terpuji serta taat kepada hukum dan menghormati semua pemangku kepentingan.
    2. Perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group wajib menjalankan atau mengelola bisnis perusahaan dengan memperhatikan prinsip etika bisnis dan Perundang-undangan yang berlaku.
    3. Perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group melaksanakan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan peduli kepada masyarakat, budaya dan lingkungan hidup.
    4. Tindakan melawan hukum dan melanggar etika adalah tindakan yang dilarang, meskipun untuk alasan bisnis atau karena tekanan dari pihak manapun.
    5. Perusahaan melindungi setiap pelapor yang memberikan informasi terkait dengan pelanggaran legal, kejadian tidak etis atau tindakan lain yang melanggar prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.
    Kode etik karyawan Telkom Group menyatakan bahwa setiap karyawan senantiasa:
    6. Menjunjung tinggi kejujuran dan kewajaran dalam bertindak dan menjalankan tugas.
    7. Mengutamakan kepentingan Perusahaan di atas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan.
    8. Menghormati hak individual dan keragaman sebagai sumber kekuatan Telkom Group.
    9. Menjunjung tinggi budaya Perusahaan.
    10. Menjaga keamanan aset dan melindungi kerahasiaan informasi Perusahaan.
    11. Memberikan kualitas produk dan layanan terbaik kepada pelanggan.
    12. Senantiasa mengejar laba dan pertumbuhan usaha dengan tetap mematuhi ketentuan hukum dan etika bisnis.
    13. Bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dijalankan.
    14. Menjaga dan meningkatkan reputasi Telkom Group.
    15. Peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.

    D. Sosialisasi dan Upaya Penegakan Etika Bisnis
    Pemahaman dan upaya mengingatkan kembali kepada karyawan tentang Tata Nilai dan Etika Bisnis dilakukan melalui pengiriman materi sosialisasi dan sekaligus assessment yang dilaksanakan setiap tahun. Materi tersebut berkaitan dengan pemahaman: GCG, etika bisnis, pakta integritas, fraud, manajemen risiko, pengendalian internal (“SOA”), whistleblowing, pelarangan gratifikasi, tata kelola TI, menjaga keamanan informasi dan hal-hal lainnya yang terintegrasi terkait dengan praktik tata kelola Perusahaan. Upaya dimaksud dilakukan melalui program Survei Etika Bisnis dengan populasi seluruh karyawan. Survei dilakukan secara online, melalui media portal/intranet Perusahaan yang diakhiri dengan pernyataan kesediaan karyawan untuk menjalankan etika bisnis di Perusahaan.

    KEBIJAKAN K3

    Kebijakan
    Sejak 2009, pengelolaan K3 difokuskan untuk mencapai tingkat kecelakaan nihil atau zero accident. Program ini diselenggarakan berdasarkan peraturan ketenagakerjaan dan aturan K3 Dinas Tenaga Kerja setempat serta dievaluasi dan dinilai setiap tahun. Komitmen kami untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja diwujudkan dalam kebijakan perusahaan yang diatur dalam Keputusan Direksi tentang Penetapan Kebijakan Pengelolaan Keamanan dan Keselamatan Perusahaan (Enterprise Security and Safety Governance) No.KD.37/UM400/COO-D0030000/2010 tanggal 26 Oktober 2010.
    1. Jenis Program
    Berbagai kegiatan yang dilakukan terkait dengan program K3 selama tahun 2012-2013 antara lain:

    a. Pelatihan tentang Keselamatan Kerja:
    • Pelatihan Ahli K3 Umum dan Auditor Internal SMK3.
    • Simulasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran di Witel Bogor.
    • Pelatihan dan simulasi Tanggap Darurat bencana alam gempa bumi di Jakarta Timur.
    • Simulasi Tanggap Darurat Bencana Banjir terhadap objek vital bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut di Witel Bekasi.
    • Seminar K3 yang diselenggarakan bersama Jaring K3 selama dua bulan sekali.

    b. Program “zero accident”
    Lokasi Jam Kerja Selamat
    Telkom AreaBekasi 1.638.569
    Telkom AreaBogor 2.143.736
    Telkom Area Jakarta Barat 2.503.164
    Telkom Area Jakarta Selatan 1.592.892
    Telkom Area Jakarta Timur 4.077.024
    Telkom Area Jakarta Utara 2.269.530
    Telkom Area Tangerang 3.834.832
    Telkom Regional Sumatera 2.012.569
    Telkom Regional Jawa Barat 2.094.151
    Telkom Regional Jawa Tengah 2.044.573
    Telkom Regional Jawa Timur 2.041.061
    Telkom Regional Kalimantan 5.092.684
    Telkom Regional KTI 8.671.826
    Telkom GMP Bandung 2.025.063
    Telkom GMP Jakarta 3.404.798
    Telkom Aera Jakarta Pusat 4.086.952

    c. Aplikasi SMK3 Online dan Safety Care Online
    • Pengembangan aplikasi SMK3 online sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012 dapat diakses oleh seluruh pegawai yang terdiri dari kriteria pengukuran SMK3. Aplikasi ini dapat digunakan untuk aktivitas monitoring, evaluasi dan analisis secara online sehingga mempermudah dan mempercepat proses implementasi dan pemutakhiran informasi secara nasional.
    • Aplikasi safety care online merupakan sarana untuk menumbuhkan kepedulian pegawai terkait aspek-aspek K3 di lokasi kerja masing-masing, misalnya untuk menginformasikan kondisi di lokasi pekerjaan yang berisiko terhadap kelangsungan K3 sehingga dapat segera ditindaklanjuti solusinya.

    d. Audit Internal SMK3
    Untuk memastikan bahwa perusahaan telah menetapkan tujuan, sasaran dan program K3 untuk memenuhi kebijakan K3 yang telah ditetapkan, maka dilakukan Audit Internal SMK3 setiap tahun, (kepada seluruh Area yakni Jakarta Barat, Selatan, Pusat, Timur, Utara, Bekasi, Bogor, Tangerang) dan Regional secara sampling (Jawa Barat/Lembong, Jawa Timur/Malang, Jawa Tengah /Semarang, Sumatra/Medan, KTI/Bali).

    AHMAD MUSTAWAN

    14.11.106.701501.1253

    B1 (Sore)

    Semester III

  31. A. NAMA & ALAMAT PERUSAHAAN

    PT Hexindo Adiperkasa (Hexindo) didirikan di Jakarta berdasarkan Akta Notaris Mohamad Ali, S.H., No.37 tanggal 28 November 1988. Perusahaan berkedudukan di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta, tepatnya di Jl. Pulau Kambing II Kav.I-II.No.33, Jakarta, dan memulai kegiatan komersialnya pada bulan Januari 1989. Sesuai Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, kegiatan usaha Perusahaan adalah perdagangan dan persewaan alat berat serta pelayanan purna jual. Saat ini Perusahaan juga bertindak selaku distributor alat-alat berat dan suku cadang Hitachi. Pada bulan Pebruari tahun 1995, Hexindo mencatatkan namanya di Bursa Efek Jakarta dan berganti nama menjadi PT Hexindo Adiperkasa Tbk. Selama 23 tahun kiprah bisnisnya, Hexindo tumbuh agresif didukung berbagai langkah terobosan yang mengantarkan menjadi salah satu pebisnis alat berat yang sangat diperhitungkan kompetitornya di Indonesia. Pencapaian prestasi kinerjanya dalam beberapa tahun terakhir makin cemerlang yang dibuktikan dengan peningkatan laba dan kenaikan harga saham yang sangat signifikan.

    B. VISI & MISI PERUSAHAAN

    Visi, Misi dan Nilai-Nilai Perseroan akan memandu organisasi dan setiap insan dalam Perseroan untuk bergerak fokus menuju arah dan tujuan yang sama. Dengan tujuan yang fokus, maka aktivitas bisnis Perseroan dapat didorong lebih kuat sehingga dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

    VISI PERUSAHAAN

    Menjadi perusahaan berkelas dunia dalam industri alat-alat berat di Indonesia dengan kualitas pelayanan terbaik bagi kepuasan semua pihak yang berkepentingan.

    MISI PERUSAHAAN

    • Menjadi mitra pelanggan yang paling dapat diandalkan dalam pengadaan alat-alat berat sekaligus menjadi ahli yang paling dapat dipercaya dalam memberikan solusi terbaik mengenai produk dan jasa;

    • Meningkatkan kualitas kinerja para karyawan secara berkesinambungan dalam lingkungan kerja yang semakin kondusif sekaligus membantu mereka mencapai kesejahteraan;

    • Menghadirkan kebanggan di mata dunia melalui kontribusi nyata bagi kesejahteraan umum, masyarakat dan bangsa;

    • Menjamin imbalan keuangan yang pasti serta memastikan pertumbuhan yang terus meningkat bagi investasi para pemegang saham.

    C. TATA NILAI ( VALUE ) PERUSAHAAN

    Nilai-nilai adalah pembeda, diferensiasi yang menjadikan Hexindo unik dan unggul dibandingkan perusahaan lainnya. Bagi seluruh manajemen dan karyawan, nilai-nilai merupakan keyakinan dasar yang membantu setiap insan yang ada didalamnya untuk bersikap dan bertindak sejalan dengan semangat yang telah disepakatinya. Nilai-nilai unggul Hexindo akan membantu menciptakan iklim kinerja yang kondusif, baik didalam lingkungan Perseroan maupun saat berhubungan dengan stakeholder lainnya.

    Nilai-nilai Perusahaan

    • Kepercayaan

    Perusahaan membangun dan menjaga kepercayaan masyarakat khususnya pelanggan berdasarkan integritas, komitmen dan kejujuran.

    • Dedikasi Loyalitas

    antusiasme dan pengabdian menjadi modal penting yang membentuk kuatnya dedikasi seluruh elemen dalam perusahaan terhadap pekerjaaan dan tanggung jawabnya.

    • Kinerja Yang Tinggi

    Perusahaan mendorong peningkatan kinerja optimalnya melalui peningkatan kompetensi, profesionalisme dan kepemimpinan.

    KEBIJAKAN KOMITMEN PERUSAHAAN TERHADAP K3

    Komite Keselamatan Kerja (K3) merupakanwujudkomitmen Perusahaan untuk mencegah terjadinyakecelakaan kerja, sakit yang diakibatkan olehaktivitaskerja, mencegah terjadinya pencemaranlingkungan,serta memastikan bahwa semua aktivitasperusahaanterkait
    safety, health dan environment telah mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

    KEGIATAN KOMISI K3

    Selama tahun 2009, Komisi K3 telah melakukanberbagai kegiatan diantaranya :

    1. Penerapan safely driving dan KIMHAP (kartu ijin mengemudi Hexindo Adiperkasa) bagi pengemudi kendaraan operasional;

    2. Melakukan pengelolaan, pengawasan, inspeksidan audit di project site dan kantor-kantor cabang secara berkala;

    3. Membuat dan menerapkan system Operasional Prosedur ( SOP ) beserta form yang dibutuhkan, utamanya pada unit yang memiliki resiko tinggi terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.

    4. Menerapkan 6S ( Seiri, Seiton,Seiso,Seiketsu,Shitsuke,Safety) berikut audit di kantor kantor cabang.

    5. Menerapkan standarisasi kompetensi operator forklift sesuai peraturan menteri tenaga kera.

    Adapun Setifikasi dalam penerapannya, meliputi :

    ISO 9001 : 2008
    Berlaku 10 Januari 2012 s/d 10 Januari 2015.Sertifikasi ini diberikan kepada perusahaan perusahaan yang secara fokus menerapkan efektifitas dalam seluruh kegiatan bisnisnya untuk
    meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan sejak perencanaan, implementasi,
    analisis dan evaluasi data serta tindakan perbaikan yang sesuai dengan standar monitoring
    perusahaan.

    Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang berlaku sejak 22 April
    2013 sampai 3 tahun berikutnya. Raihan sertifikat ini membuktikan kemampuan dan keseriusan Hexindo untuk menciptakan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

    • ISO 14001 : 2004
    Berlaku 1 Februari 2013 s.d. 1 Februari 2016. ISO 14001 : 2004 merupakan sistem manajemen
    lingkungan (Environmental Management SystemEMS) yang mencerminkan concern Perseroan
    dalam menerapkan sistem pengelolaan lingkungan secara sistematis dan terukur.

    • OHSAS 18001 : 2007
    Berlaku 25 Januari s.d. 22 April 2013. OHSAS 18001:2007 merupakan standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Keberhasilan Hexindo meraih sertifikat ini membuktikan kemampuannya dalam mengelola aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

    NAMA : DODY RATAMA

    KELAS : B-1

    N.I.M : 14.11.106.701501.1261

    SEMESTER : III ( Tiga )

  32. PT. Sucofindo
    Jl.Jend. Sudirman no.22 rt 25
    Bontang, Kalimantan Timur 75321

    Visi :
    Menjadi Perusahaan Kelas Dunia yang kompetitif, andal dan terpercaya di bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan.

    Misi :
    Menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan terutama pelanggan, pemegang saham dan karyawan melalui layanan inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultasi serta jasa terkait lainnyauntuk menjamin kepastian berusaha.

    Value (Nilai Perusahaan) :
    1. Integritas, yakni mengedepankan kejujuran, dapat dipercaya dan tidak berpihak
    2. Fokus Pelanggan, yakni mengutamakan pelanggan dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, terutama dalam hal kualitas dan nilai tambah yang ditawarkan
    3. Inovasi, yakni secara berkesinambungan melakukan perbaikan dan pembaharuan yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan perusahaan sehingga dapat memberikan manfaatbagi pihak-pihak lain yang berkepentingan
    4. Kerjasama, yakni mengedepankan kerja Tim dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan
    5. Peduli, yakni tidak mengutamakan kepentingan diri sendiri tetapi kepentingan kelompok serta selalu peduli terhadap orang lain dan lingkungan.

    Kebijakan K3 :
    Pernyataan komitmen dan penetapan kebijakan untuk menerapan sebuah Sistem Manajemen K3 dalam organisasi/perusahaan harus dilakukan oleh manajemen puncak. Persiapan Sistem
    Manajemen K3 tidak akan berjalan tanpa adanya komintmen terhadap system manajemen tersebut. Manajemen harus benar menyadari bahwa merekalah yang paling bertanggungjawab terhadap keberhasilan atau kegagalan penerapan Sistem K3. Komitmen manajemen puncak harus dinyatakan bukan hanya dalam kata-kata tetapi juga harus dengan tindakan nyata agar dapat diketahui,dipelajari,dihayati dan dilaksanakan oleh seluruh staf dan karyawan perusahaan. Seluruh karyawan dan staf harus mengetahui bahwa tanggung jawab dalam penerapan Sistem Manajemen K3 bukan urusan bagian K3 saja. Tetapi mulai dari manajemen puncak sampai karyawan terendah. Karena itu ada baiknya manajemen membuat cara untuk mengkomunikasikan komitmennya ke seluruh jajaran dalam perusahaannya. Untuk itu perlu dicari waktu yang tepat guna menyampaikan komitmen manajemen terhadap penerapan Sistem Manajemen K3.

    Nama : Siti Halimatus Soleha
    NIM : 14.11.106.701501.1244
    Semester : 3
    Kelas : B1

  33. NAMA : PT POS INDONESIA

    ALAMAT : JL.LAPANGAN BANTENG UTARA NO.1 (PASAR BARU), JAKARTA PUSAT , JAKARTA, INDONESIA

    VISI DAN MISI PERUSAHAAN

    VISI:

    Menjadi pemimpin pasar di Indonesia dengan menyediakan layanan suratpos, paket, dan logistik yang handal serta jasa keuangan yang terpercaya.

    MISI:

    Berkomitmen kepada pelanggan
    untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai terbaik

    Berkomitmen kepada karyawan
    untuk memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi

    Berkomitmen kepada pemegang saham
    untuk memberikan hasil usaha yang menguntungkan dan terus bertumbuh

    Berkomitmen untuk berkontribusi positif kepada masyarakat

    Berkomitmen untuk berperilaku transparan
    dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan

    TATA NILAI DASAR PERUSAHAAN:

    Dalam melaksanakan misi perusahaan menjunjung nilai-nilai yang menjadi koridor dalam menjalankan bisnis. Nilai-nilai tersebut terdiri dari input values, process values dan output values ( I-P-O Values) sebagai berikut :

    1. Input values : merupakan nilai-nilai yang dicari dari orang-orang yang bekerja di Pos Indonesia, yang terdiri dari :

    – Integrity : menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai etika yang berlaku di masyarakat dan perusahaan
    – Commitment : menjunjung tinggi dan melaksanakan tujuan perusahaan dan/atau sasaran tugas
    – Resilience : mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam setiap perubahan lingkungan
    – Spiritual : menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai-nilai spiritual
    – Respect : bertindak dengan menghargai harkat dan martabat orang lain
    2. Process Values : merupakan nilai-nilai yang diperhatikan dalam mencapai dan memelihara condition of enterprise excellence, yang terdiri dari :

    – Teamwork : mampu bekerjasama dalam mencapai tujuan.
    – Discipline : melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangan.
    – Proactive : mengantisipasi dan merespon secara tepat masalah-masalah yang timbul dalam pekerjaan.
    – Achievement oriented : mengupayakan tercapainya sasaran dengan hasil terbaik.
    – Systemic thingking : menyikapi isyu dan berpikir secara sistematis untuk melihat hubungan sebab akibat.
    – Accountable : mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan norma yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan.
    – Merit : memberikan apresiasi terhadap pencapaian kinerja.
    3. Output Values : merupakan nilai-nilai yang diperhatikan oleh pemangku kepentingan ketika menilai kinerja perusahaan, yang terdiri dari :

    – Customer values : memberikan benefit yang lebih besar dibandingkan dengan pengorbanan yang dilakukan oleh pelanggan.
    – Communicative : mampu menyampaikan dan menerima ide, pendapat dan informasi secara jelas dengan menggunakan media komunikasi yang tersedia.
    – Trustworthy : memegang teguh amanah yang diberikan.

    MENJAGA KEAMANAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PEKERJA

    1. Perusahaan senantiasa mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan menyadari bahwa pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja secara optimal sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang.
    2. Perusahaan menyediakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Oleh karena itu Perusahaan akan selalu memastikan bahwa lokasi usaha serta fasilitas, sarana dan prasarana Perusahaan lainnya, memenuhi peraturan perundang¬-undangan yang berlaku berkenaan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.
    3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pekerja diusahakan Perusahaan dengan cara antara lain :

    Melaksanakan berbagai implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK¬3) sesuai dengan peraturan yang berlaku secara konsisten dalam upaya memberikan perlindungan optimal pada pekerja dari hal-hal yang dapat mengancam keselamatan dan kesehatan pekerja.
    Mengupayakan perbaikan berkelanjutan atas berbagai infrastruktur yang berkaitan dengan K3.
    Memperoleh beberapa sertifikasi yang berhubungan dengan K3.
    Menyertakan partisipasi pekerja sebagai bagian dari upaya peningkatan pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja.

    NAMA : WANDY SETIAWAN PUTRA

    KELAS : B-1 (SORE)

    N.I.M : 14.11.106.701501.1220

    SEMESTER : III ( Tiga )

  34. PT T Pembangunan Perumahan (persero), Tbk

    Head Office
    Plaza PP – Wisma Subiyanto
    Jl. Letjend. TB. Simatupang No. 57
    Pasar Rebo, Jakarta 13760 – Indonesia
    Phone : (021) 840 3883 (hunting)
    Fax : (021) 840 3936 & 840 3890
    website : http://www.pt-pp.com

    Visi

    Menjadi Perusahaan Konstruksi d a n I nve s t a s i Te rke m u ka ya n g Memberikan Nilai Tambah Tinggi kepada Stakeholders.

    Misi

    Menyediakan Jasa Konstruksi dan melakukan Investasi agar dapat memberi nilai tambah kepada para Stakeholder dengan dukungan Struktur Keuangan yang Sehat, Efisien, Inovatif, Berwawasan Global serta memiliki Karyawan Sejahtera.

    Tata nilai perusahan PT Pembangunan Perumahan sebagai berikut :

    Dalam rangka mewujudkan Visi ”Menjadi Perusahaan Konstruksi dan Investasi Terkemuka yang memberikan Nilai Tambah Tinggi kepada Stakeholders” serta menyikapi situasi kompetisi yang semakin keras, maka PT PP (Persero) Tbk mempunyai komitmen untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang baik. GCG akan berjalan dengan baik apabila seluruh insan di Perusahaan ini memiliki Nilai-nilai yang melekat pada diri masing-masing.
    Sebagai penyempurnaan dari Budaya Perusahaan yang telah ada, maka manajemen telah merumuskan Nilai-nilai Perusahaan yang disingkat dengan sebutan “PPBID”.

    Peduli
    • Kepuasan Pelanggan
    • Inovatif, Proaktif, Cepat Tanggap
    • Produk Berkualitas Tinggi

    Profesional
    • Kerja Keras, Semangat, Gesit, Flexible, Kerjasama, Tanggung jawab
    • Efektif, Efisien, Cermat,Teliti, Independen
    • Pola Pikir Global
    • Kewirausahaan
    • Fairness

    Bersyukur
    • Berpegang pada Nilai dan Norma
    • Jiwa Besar, Toleransi
    • Sopan Santun, Saling Hormat

    Integritas
    • Taat Hukum
    • Jujur, Transparan
    • Tanpa Benturan Kepentingan

    Disiplin
    • Tepat Waktu
    • Tepat Janji
    • Tertib

    Kebijakan PT Pembangunan Perumahan terhadap K3L sebagai berikut :

    Sebagai perusahaan yang bergerak dalam usaha Jasa Konstruksi, PT PP (Persero) Tbk menetapkan kebijakan di bidang Kualitas, Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan yang berlaku bagi Unit Kantor Pusat, Divisi Operasi (DVO), Cabang dan Proyek.

    Safety, Health & Environmental Policy :

    • Mencegah terjadinya cedera dan sakit akibat kerja
    • Melakukan perbaikan yang berkesinambungan terhadap Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Pengelolaan Lingkungan dengan melibatkan pihak terkait
    • Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat dan mempertimbangkan Dampak Lingkungan dalam setiap kegiatan kerja
    • Penerapan Sistem Manajemen SHE selalu mengikuti peraturan-peraturan dan persyaratan lain yang berlaku

    Nama : Claudio Bojoh
    NPM : 14.11.106.701501.1444
    Kelas : B1 D4K3

  35. 1. Nama Perusahaan
    PT. Len Industry (Persero)

    2. Alamat Perusahaan
    Jl. Soekarno Hatta 442
    Bandung 40254, Indonesia
    Telp. : 62-22-5202682 Fax. : 62-22-5202695
    Email : corporate@len.co.id (Korporasi)
    diklat@len.co.id (POSDM)
    marketing@len.co.id (Pemasaran)
    Website : http://www.len.co.id

    3. VISI dan MISI
    Visi
    Menjadi perusahaan elektronika kelas dunia.

    Misi
    Meningkatkan kesejahteraan stakeholder melalui inovasi produk elektronika industri dan prasarana

    4. Tata Nilai (Value) Perusahaan
    Tata nilai perusahaan dibangun di atas lima prinsip dasar; transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness.

    1. Transparency (Keterbukaan Informasi)
    dimaknai sebagai keterbukaan informasi, baik dalam proses pengambilan keputusan maupun dalam mengungkapkan informasi material dan relevan mengenai perusahaan.Keterbukaan informasi menjadikan para stakeholder dapat menilai kinerja berikut dan mengetahui risiko yang mungkin terjadi dalam melakukan transaksi dengan perusahaan.

    2.Accountability (Akuntabilitas)
    Merupakan kejelasan fungsi, struktur, sistem dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.permasalahan yang sering ditemukan adalah kurang efektifnya fungsi pengawasan Dewan Komisaris. Atau bahkan sebaliknya, Komisaris mengambil alih peran berikut wewenang yang seharusnya dijalankan Direksi. Oleh karena itu diperlukan kejelasan mengenai tugas serta fungsi organ perusahaan agar tercipta suatu mekanisme checks and balances kewenangan dan peran dalam mengelola perusahaan.

    3.Responsibility (Pertanggungjawaban)
    Kesesuaian (kepatuhan) di dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip korporasi yang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.Diharapkan dapat membuat perusahaan menyadari bahwa dalam kegiatan operasionalnya seringkali menghasilkan eksternalitas negatif yang harus ditanggung oleh masyarakat.

    4. Independency (Kemandirian)
    Merupakan prinsip penting dalam penerapan GCG di Indonesia.Kemandirian merupakan keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan tekanan dari pihak manapun yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

    5. Fairness (Kesetaraan dan Kewajaran)
    Secara sederhana kesetaraan dan kewajaran (fairness)dipandang sebagai perlakuan yang adil dan setara di dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian serta peraturan perundangan yang berlaku. Fairness juga mencakup adanya kejelasan hak-hak stakeholder berdasarkan sistem hukum dan penegakan peraturan untuk melindungi hak-hak investor khususnya pemegang saham minoritas dari berbagai bentuk kecurangan.Bentuk kecurangan ini bisa berupa insider trading (transaksi yang melibatkan informasi orang dalam), fraud (penipuan), dilusi saham (nilai perusahaan berkurang), korupsi-kolusi-nepotisme (KKN). Esensi dari Good Corporate Governanceadalah peningkatan kinerja perusahaan melalui pemantauan kinerja manajemen, adanya akuntabilitas manajemen terhadap pemangku kepentingan lainnya, berdasarkan kerangka aturan dan peraturan
yang berlaku.

    Seluruh elemen perusahaan, penting untuk memahami dengan baik dan terlibat dalam penerapan tata nilai perusahaan, mengingat risiko dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan semakin meningkat. Penerapan prinsip tata nilai perusahaan secara konsisten di Len akan memperkuat daya saing, sehingga dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

    5. Kebijakan K3L
    KEBIJAKAN K3L KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SERTA LINGKUNGAN

    PT Len Industri (Persero) mempunyai komitmen untuk menjamin terpenuhinya aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan mengacu pada standar OHSAS 18001 dan ISO 14001 Untuk memenuhi komitmen tersebut, dalam operasinya perusahaan melakukan upaya dalam hal :

    • Perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan
    • Penaatan terhadap persyaratan peraturan perundang-undangan dan persyaratan lainnya yang relevan
    • Pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja
    • Pencegahan pencemaran lingkungan
    • Peningkatan keterampilan, kesadaran dan kepedulian K3L
    • Peningkatan kinerja secara berkesinambungan.

    Nama : Ilham Sutrian Kasuma
    NIM : 14.11.106.701501.1234
    Semester : III (tiga)
    Kelas : B1

  36. Nama perusahaan : Marga Sarana Jabar
    Alamat perusahaan : Jalan Tol Bogor Ring Road
    Plaza Tol Sentul Barat, Jalan Tol Lingkar Luar Bogor 16710
    Visi perusahaan :
    • Menjadi pengusaha jalan tol yang profesional, berorientasi pada pengembangan bisnis dan bersinergi dengan lingkungan
    Misi perusahaan :

    • Mengusahakan jalan tol yang nyaman, indah , dan memuaskan pelanggan
    • Selalu memanfaatkan peluang-peluang pengembangan bisnis yang terkait dengan bisnis jalan tol
    • Menjalankan usaha dengan sehat secara efektif dan efisien
    • Menyeimbangkan kepentingan perusahaan dengan stakeholder

    Tata nilai perusahaan:
    Bertindak Kreatif (Creative)
    Mencari cara berbeda dengan memperhatikan risiko
    Implementasi proses/teknik yang baru untuk kepentingan perusahaan
    Tidak takut gagal dalam upaya peningkatan kinerja
    Luwes dan kreatif dalam menghadapi masalah

    Fokus pada Hasil (Result)
    Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
    Menggunakan biaya pekerjaan dalam batas anggaran
    Mengusahakan hasil pekerjaan yang bermutu tinggi
    Memberikan pelayanan prima kepada pelanggan
    Membangun Empati (Empathy)
    Membangun hubungan yang saling mempercayai
    Memahami pengalaman orang lain untuk kepentingan perusahaan
    Peduli terhadap lingkungan disekitar jalan tol (CSR)
    Menyelesaikan Perbedaan Pendapat (Dissent)
    Mengakui bahwa perbedaan pendapat tidak selalu buruk
    Menyelesaikan perselisihan melalui diskusi yang jujur dan saling percaya
    Membuat Keputusan secara Objektif (Objective)
    Memecahkan masalah dan membuat keputusan dengan pendekatan yang mantap dan proaktif
    Mendukung keputusan yang telah ditetapkan

    Kebijakan K3 :
    Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    Bagi PT Marga Sarana Jabar, sumber daya manusia adalah aset yang sangat berharga yang harus terus dijaga dan diberdayakan. Pemberdayaan dan perhatian yang tinggi terhadap SDM Perusahaan dilakukan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan menyehatkan dengan menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi pada setiap level operasional Perusahaan.

    Didalam penerapan program K3, Perseroan secara rutin melakukan inspeksi terhadap faktor-faktor atau hazards yang berpotensi menyebabkan cedera,sakit atau kecelakan, mengidentifikasi ketidakfungsian peralatan, memonitor kondisi lingkungan yang berpotensi menimbulkan masalah K3, serta tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP).

    Selain hal-hal preventif diatas, Unit K3 Perseroan juga secara periodik melakukan analisis keselamatan kerja untuk meninjau ulang metode dan mengidentifikasi praktek pekerjaan yang tidak selamat yang selanjutnya dilakukan suatu tindakan korektif.

    Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    Dalam Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang terintegrasi dengan sistem manajemen Perusahaan. PT Marga Sarana Jabar telah melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

    Pembentukan Organisasi Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja
    Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) adalah badan pembantu di tempat kerja yang merupakan wadah kerja sama antara pengusaha dan karyawan untuk mengembangkan kerja sama, saling pengertian dan partisipasi efektif dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. Pembentukan organisasi P2K3 merupakan amanat dalam Undang Undang No. 01 tahun 1970 dimana P2K3 bertugas memberikan pertimbangan dan dapat membantu pelaksanaan usaha pencegahan kecelakaan kerja dan sakit penyakit akibat kerja dalam Perseroan serta dapat memberikan penerangan efektif pada para pekerja.

    Dalam rangka memenuhi Undang Undang tersebut, maka Perseroan telah membentuk Organisasi P2K3 di lingkungan PT Marga Sarana Jabar.

    Nama : ferdy Suhanda S.M
    NIM : 14.11.106.701501.1221
    Semester : 3
    Kelas : B1

  37. Nama :Deo Aldi Peranata
    NPM :12.11.106.701501.1241
    Kelas :B1 D4K3

    PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
    Head Office
    Jl. KH Zainul Arifin 20
    Jakarta
    11140
    Phone: +62 21 6334838 +62 21 6334848
    Fax : +62 21 633 3080
    http://www.pgn.co.id

    Visi

    Menjadi perusahaan Publik Terkemuka Di Bidang Penyedia Gas Bumi

    Misi

    Meningkatkan Pemanfaatan Gas Bumi Bagi Kepentingan Industri Komersil dan Rumah Tangga melalui,Jaringan Pipa Transmisi,Medan Transportasi Lain,Jaringan pipa,Distribusi dan Kegiatan Niaga Serta Usaha lain yang mendukung pemanfaatan Gas Bumi.

    Tata Nilai Perusahaan

    PT PGN (Persero) Tbk merupakan perusahaan infrastruktur yang berpengalaman menyalurkan dan menyediakan gas bumi bagi kepentingan umum (public utility). Sebagai perusahaan infrastruktur, PGN memiliki jaringan pipa transmisi dan distribusi yang handal.
    Kegiatan usaha PGN adalah transporter, distributor dan trader di bidang gas bumi. Sebagai transporter, PGN menyediakan infrastruktur jaringan pipa transmisi yang menghubungkan sumber-sumber gas ke konsumen akhir atau ke stasiun penerima di jaringan distribusi. Sebagai distributor, PGN menyediakan infrastruktur jaringan pipa distribusi yang menghubungkan stasiun penerima dengan konsumen akhir yaitu kepada pelanggan rumah tangga, komersial dan industri. Tugas utama PGN di bidang distribusi adalah untuk meningkatkan pemanfaatan energi melalui pendayagunaan gas bumi sebagai substitusi BBM. Sebagai trader PGN melaksanakan pembelian gas dari produsen dan menjualnya kepada pelanggan Rumah Tangga, Komersial dan Industri melalui jaringan pipa.

    1.) Professionalisme (Profesionalisme)
    > Kompeten di Bidangnya.
    > Bertanggung Jawab.

    2.) Penyempurnaan Terus Menerus/Continuous Improvement
    > Kreativ dan Inovatif
    > Adaptif Terhadap Perubahan.

    3.) Integritas / Integrity
    > Jujur, Terbuka dan Berpikir Positif.
    > Disiplin dan Konsisten.

    4. Keselamatan Kerja / Safety
    > Mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
    > Peduli Lingkungan Sosial dan Alam.

    5. Pelayanan Prima / Excellent Service
    > Mengutamakan Kepuasan Pelanggan.
    > Proaktif dan Cepat Tanggap.

    Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

    Untuk menjamin beroperasinya jaringan transmisi dan distribusi Gas bumi secara handal dan aman dari potensi bahaya seperti kecelakaan,kebakaran,kebocoran gas dan lain-lain,Perusahaan menerapkan prosedur standar keselamatan dan kesehatan kerja yang mencakup atas tiga hal yaitu :

    1. Pengoperasian & Pemeliharaan Sistem Jaringan Pipa Transmisi dan Distribusi Gas Bumi.

    2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan pada Jaringan Pipa Transmisi dan Distribusi.

    3. Rencana Tanggap Gawat Jaringan Pipa Transmisi dan Distribusi Gas Bumi yang menjadi pedoman bagi kegiatan operasional.

    Komite K3
    Sesuai Keputusan Direksi No. 000507.K/OT.00/UT/2009 tanggal 12 Januari 2009, PGN membentuk K3 PL sebagai suatu Komite dibawah kewenangan Direksi yang memiliki fungsi menyusun kebijakan serta melakukan monitoring terhadap pelaksanaan keselamatan kerja, serta pengelolaan lingkungan di seluruh wilayah kerja perusahaan. Komite ini berada dibawah kendaliKetua Komite yaitu Direktur Utama Penciptaan Budaya K3. Sebagaimana tertera dalam ProCISE, salah satu budaya yang harus ditumbuh-kembangkan adalah Safety dengan garis besarnya adalah mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja.

    Tujuannya adalah untuk melindungi dan menjamin para pekerja dan asset perusahaan dari seluruh kemungkinan danrisiko terjadinya kecelakaan kerja. Untuk mencapai budaya Safety tersebut, maka Direksimenetapkan visi PGN untuk mencapai Safety Excellence, yaitu
    1. Zero incident
    2. Implement safety standard in all aspects of PGN Business
    3. Safety as part of PGN culture
    Dalam rangka menciptakan budaya sadar K3, maka pada proses pembuatan sistem kerja, yakni Prosedur Operasi (PO) dan Instruksi Kerja (IK) terkait K3, maka Komite ini melakukan rapat Sentra Komite secara terjadwal. Rapat ini untuk membahas,mengevaluasi dan memperbarui PO dan IK dilakukan secara menyeluruh, melibatkanseluruh anggota K3 PL dari kantor pusat, seluruh SBU dan Keproyekan.

  38. PT.PUPUK KUJANG

    Jl. Jend. A. Yani No. 39

    Cikampek 41373

    Kabupaten Karawang – Jawa Barat

    Home Profile Visi & Misi
    Visi Misi & Tata Nilai/ Budaya Perusahaan

    Visi
    “MENJADI INDUSTRI KIMIA DAN PENDUKUNG PERTANIAN YANG BERDAYA SAING DALAM SKALA NASIONAL”

    Misi
    “MENGHASILKAN PRODUK BERMUTU DAN MELAKUKAN PERDAGANGAN YANG BERDAYA SAING TINGGI DENGAN MENGUTAMAKAN KEPUASAN PELANGGAN”

    Tata Nilai / Budaya
    S-I-A-P

    Selamat

    Mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta mempedulikan lingkungan.
    Menggunakan sumber daya perusahaan yang terbatas dengan efektif dan efisien.
    Integritas

    Melakukan pekerjaan dengan (jujur) benar dan tepat.
    Memenuhi komitmen atau perjanjian kepada pelanggan.
    Menghargai orang berprestasi.
    Adaptif

    Mendayagunakan inovasi dan kreatifitas karyawan.
    Mengantisipasi perubahan dalam lingkungan usaha.
    Secara terus-menerus memperbaiki cara kerja.
    Menggunakan sumber daya dari luar untuk mencapai tujuan.
    Pelanggan

    Memperoleh kepercayaan pelanggan.
    Membangun aliansi strategis dengan organisasi lain.
    Visi & Misi
    Logo Kujang
    Struktur Organisasi
    Management
    Riwayat Singkat Perusahaan
    Serikat Pekerja Pupuk Kujang (Sp2k)
    Annual Report

    Annual Report 2014
    Annual Report 2013
    Annual Report 2012
    Annual Report 2011
    Annual Report 2010
    Annual Report 2009
    Annual Report 2008

    Kebijakan
    Pengelolaan Risiko perusahaan adalah suatu proses yang diaplikasikan dalam penetapan strategi perusahaan dengan cara mengidentifikasi risiko-risiko yang mempengaruhi tujuan perusahaan. Pengelolaan risiko tersebut tetap berada pada selera risiko perusahaan serta memberikan jaminan yang memadai untuk mencapai tujuan perusahaan.

    Nama : Riyan dwi cahya
    Kelas : B1
    NPM : 14.11.106.701501.1288

  39. Nama : Gilang Sabilla

    Npm : 14.11.106.701.501.1228

    Nama perusahaan : Pt.indofood Sukses Makmur

    ALAMAT:
    Jl.Gatot Subroto Kav 57 No. 101
    Jakarta Pusat 12410
    Gedung Sudirman Plaza Indofood Tower

    VISI dan Misi

    Visi : Sebuah perusahaan solusi total makanan
    MISI : Untuk memberikan solusi yang berkelanjutan untuk kebutuhan pangan
    Untuk terus meningkatkan rakyat kita, proses dan teknologi
    Untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
    Untuk terus meningkatkan nilai stakeholder ‘

    TATA NILAI/VALUE

    “Dengan Disiplin sebagai dasar cara hidup kita; Kami menjalankan bisnis dengan Integritas; Kami
    memperlakukan para pemangku kepentingan kami dengan Hormat; dan bersama-sama kita Bersatu untuk berjuang untuk keunggulan dan Inovasi yang berkelanjutan.

    KEBIJAKAN K3

    Membentuk komitmen Kesehatan dan Keselamatan Kerja Perusahaan terhadap penerapan system manajemen Kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3).
    • Menyusun kebijakan manajemen dalam rangka meningkatkan kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan.
    • Menentukan tujuan dan sasaran penerapan keselamatan dan kesehatan kerja
    • Menyusun program-program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
    • Mengembangkan kegiatan pelatihan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada seluruh tenaga kerja
    • Identifikasi bahaya dan penilaian resiko. Identifikasi bahaya dan penilaian risiko dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi bahaya kecelakaan kerja yang ada di lingkungan kerja PT. Indofood.

    Organizing
    Dibentuknya Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang telah dibentuk sejak tanggal tahun 2000 dengan susunan panitia yang terlampir.
    Struktur organisasi P2K3 yang berfungsi menjalankan sistem manajemen ini sekaligus mengawasinya telah melakukan tanggungjawabnya sesuai dengan tugas yang telah diberikan pada masing-masing orang.

    Actuating
    Untuk memenuhi tujuan dan sasaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maka dalam penerapan SMK3 meliputi berbagai aspek penting dalam pelaksanaannya.
    • Identifikasi bahaya dan potensi bahaya di area kerja yang meliputi :
    Ö Area Pump House
    Ö Area Gudang Etiket
    Ö Area Laboratorium
    Ö Area Gudang Karton
    Ö Area Boiler Batubara
    Ö Area Gudang Batubara
    Ö Area Unit Pengolahan Limbah Cair
    Ö Area Gudang Bumbu
    Ö Area Daily Tank
    Ö Area Workshop
    Ö Area Langsir
    Ö Area Gudang Tepung
    Ö Area Screw
    Ö Area Mixing
    Ö Area Pressing
    Ö Area Steaming
    Ö Area Cutting
    Ö Area frying
    Ö Area Cooling
    Ö Area Packing
    Ö Area Genzet
    Ö Gudang TR
    Ö Area Penggilingan Batubara
    • pelaporan
    Controling
    Pengawasan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dilakukan oleh Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang mempunyai tugas sebagai berikut :
    a. Tugas Ketua Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) :
    1. Memimpin semua rapat pleno P2K3 atau menunjuk pengurus lainnya untuk memimpin rapat pleno.
    2. Menentukan langkah kebijakan demi tercapainya pelaksanaan programprogram yang telah digariskan organisasi.
    3. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan K3 di perusahaannya kepada pemerintah melalui pimpinan perusahaan.
    4. Mempertanggungjawabkan program-program P2K3 dan pelaksanaannya kepada direksi perusahaan.
    5. Memantau dan mengevaluasi palaksanaan program-program K3 diperusahaan.

    b. Tugas Wakil Ketua Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) :
    Melaksanakan tugas-tugas ketua dalam hal ketua berhalangan dan membantu pelaksanaan tugas ketua sehari-hari.

    c. Tugas Sekretaris Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) :
    1. Membuat undangan rapat dan membuat notulen rapat.
    2. Memberikan bantuan atau saran-saran yang diperlukan oleh seksi-seksi untuk kelancaran program-program K3.
    3. Membuat laporan ke departemen-departemen perusahaan tentang adanya potensi bahaya di tempat kerja.

    d. Tugas anggota Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) :
    1. Melaksanakan program-program yang telah ditetapkan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
    2. Melaporkan kepada ketua atas setiap kegiatan yang telah dilaksanakan.

    e. Tugas Seksi Litbang :
    1. Melakukan identifikasi dan menganalisa mengenai kondisi lingkungan kerja yang tidak aman (unsafe condition) dan tindakan tidak aman (unsafe act) di lingkungan kerja.
    2. Merekomendasikan dan merumuskan mengenai APD yang dibutuhkan di lingkungan kerja termasuk penanggulangan potensi bahaya yang lain (Rambu-rambu K3, prosedur kerja, WI).
    3. Melaporkan kepada ketua atas kegiatan yang dilaksanakan.

    f. Tugas Seksi Kebersihan Lingkungan :
    1. Bertanggungjawab terkait dengan lingkungan dan kebersihan pabrik untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan sehat.
    2. Melaporkan kepada ketua atas kegiatan yang dilakukan.

    g. Tugas Seksi Kesehatan Karyawan :
    1. Bertanggungjawab dengan status kesehatan karyawan sesuai persyaratan K3.
    2. Melaksanakan pemeriksaan kesehatan awal, berkala dan khusus bagi karyawan untuk mencegah penyakit akibat kerja.
    3. Monitoring dan analisa terhadap kondisi kesehatan serta asupan gizi yang dibutuhkan karyawan untuk mendukung produktivitas kerja.

    h. Seksi PMK

    i. Seksi mekanik, listrik dan konstruksi
    ii.
    j. Seksi Audit Keselamatn dan kesehatan kerja

    k. Seksi pelatihan dan training kesehatan dan keselamatan kerja

    evaluating
    Perusahaan memiliki sistem untuk mengukur, memantau dan mengevaluasi kinerja Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan hasilnya harus dianalisa guna menentukan keberhasilan atau untuk melakukan identifikasi tindakan perbaikan
    • Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam mengukur, memantau, dan mengevaluasi kinerja keselamatan dan kesehatan kerja, pihak K3 perusahaan melakukan inspeksi ke seluruh area perusahaan, dimana inspeksi ini difokuskan pada penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan dan kondisi bahaya kecelakaan kerja baik dari tenaga kerja, lingkungan maupun peralatan kerjanya.
    • Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di perusahaan ini, pihak K3 melakukan audit sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang dilakukan secara rutin 3 bulan sekali. Audit ini bertujuan agar sistem yang ada di perusahaan ini berjalan lancar.
    • Tindakan Perbaikan dan Pencegahan

  40. Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s