SAFETY PRIME

Engineering Safety

[160718] Kisi-kisi UAS Keselamatan Alat Angkat/Angkut 2016

Kepada Mahasiswa D4K3 Semester 6,

Berikut dibawah ini adalah kisi-kisi Ujian Akhir Semester Genap tahun akademik 2015/2016 untuk mata kuliah Keselamatan Alat Angkat/Angkut dengan Dosen Pengampu Ir. Erwin Ananta, Cert.IV, MM.

  1. Durasi ujian 90 menit. Close Book.
  2. Soal UAS terdiri satu soal saja, yakni pada pokok bahasan Analisis Lifting Study.
  3. Jawaban merupakan analisis matematis terhadap keselamatan pada proses pengangkatan beban dengan melibatkan pesawat angkat/angkut (mobile crane).
  4. Kenali jenis, merek, tipe dan model mobile crane yang dipergunakan.
  5. Lakukan konversi satuan terlebih dahulu terhadap seluruh satuan yang ada ke dalam satuan Internasional (meter, kg, ton, dst).
  6. Lakukan perhitungan volume beban yang akan diangkat sesuai dengan ukuran dan dimensinya.
  7. Hitung berat beban (net load) yang akan diangkat sesuai dengan specific gravity beban (masa jenis beban).
  8. Tentukan Faktor Ikatan sling berdasarkan diagram ikatan.
  9. Hitung Faktor Sudut sling.
  10. Hitung beban kerja aman Safe Working Load (SWL).
  11. Berdasarkan SWL yang didapat dari perhitungan diatas, lakukan perhitungan diameter sling yang diizinkan. Periksa apakah diameter sling aman (safe) untuk digunakan.
  12. Lakukan perhitungan Gross Load berdasarkan berat masing-masing lifting gear sesuai spesifikasi Mobile Crane dan tabel yang bersesuaian.
  13. Berdasarkan tabel Load Chart, panjang boom, dan gross load, tentukan panjang maksimum radius crane yang diizinkan. Beri tanda dengan menarik garis lurus silang antara panjang boom dan radius pada titik pertemuan Gross Load.
  14. Menggunakan Diagram Working Range, panjang boom, dan panjang radius maksimum yang didapat, hitunglah secara analitis jarak bebas (clearance) dari permukaan tanah hingga titik tertinggi beban yang aman (safe) untuk diangkat, agar beban tidak mengenai boom.
  15. Ketahui jenis dan kelas SIO untuk mengoperasikannya.

Selamat pengerjakan soal ujian, semoga kisi-kisi ini dapat membantu Anda menyelesaikan ujian akhir semester dengan baik.

Jangan lupa, berbuatlah yang jujur dan berintegritas.

 

Advertisements

Comments are closed.