SAFETY PRIME

Engineering Safety

[170522] Tugas 8 – Keselamatan Alat Angkat 2017

Kepada Mahasiswa D4K3 UNIBA Semester VI Kelas B1 dan B2,

Tugas ini adalah tugas perorangan. Anda diminta untuk melakukan analisis rigging dan lifting study untuk keselamatan suatu proses pekerjaan pengangkatan dan penurunan muatan dari suatu pesawat angkat (crane).

Adapun ketentuan tugas adalah sebagai berikut:

  1. Kerjakan tugas dengan ditulis tangan sendiri pada kertas folio bergaris. Tidak dibenarkan dituliskan oleh orang lain. Apabila ditemukan tugas menggunakan orang lain (Joki), maka berlaku ketentuan pada Kontrak Pembelajaran dalam butir 5.l.
  2. Batas penyerahan tugas adalah pada hari Senin 22 Mei 2017 pada jam perkuliahan.
  3. Kerjakan soal-soal berikut:

Soal 1:
Bila sling (L) sepanjang 2 meter dan jarak titik tambat benda yang diangkat ( W ) sejauh 2 meter,  berapa derajatkah sudut kaki sling (α) yang terbentuk?

Soal 2:
Seperti gambar pada soal 1 di atas, apabila jarak titik tambat benda yang diangkat ( W ) sejauh 3,25 meter dan sudut kaki sling (α) 60° maka berapakah panjang sling (L) yang dibutuhkan?

Soal 3:
Seperti gambar pada soal 1 di atas, berapakah tinggi pengangkatan sling (H) bila jarak titik tambat benda yang diangkat ( W ) sejauh 3,20 meter dan sudut kaki sling (α) 60° ?

Soal 4:
Berapakah beban kerja aman (SWL) untuk chain sling berdiameter 8 mm dan memiliki angka kekuatan tarik Grade 80 alloy steel chain?

Soal 5:
Perhatikan gambar di samping ini. Berapakah diameter minimum sling (Ø) yang dibutuhkan untuk mengangkat benda dengan beban kerja aman (SWL) sebesar 500kg, apabila menggunakan:
(A) Chain sling dengan grade 80.
(B) Wire rope sling.

 

 

 

 

 

Selamat mengerjakan. Tetap semangat dan always be safe! 🙂

Advertisements

Comments are closed.