SAFETY PRIME

Engineering Safety

[1801222] Hubungan Antara Waktu Pelaksanaan dengan Hasil Pekerjaan Tempat Parkir

Leave a comment

HUBUNGAN ANTARA WAKTU PELAKSANAAN DENGAN HASIL PEKERJAAN TEMPAT PARKIR 

Dewi Anggreini dan Murni Rante Layuk
Program Studi Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Fakultas Vokasi, Universitas Balikpapan

ABSTRAK

Tempat parkir salah satu fasilitas gedung yang sangat dibutuhkan untuk memarkir kendaraan dengan rapi dan tertib. Ketersediaan sarana parkir merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan dalam  proses pembangunan kampus. Setiap kampus sebaiknya mempunyai lahan tempat pemberhentian kendaraan dalam  jangka waktu pendek atau lama yang biasa kita sebut tempat parkir sesuai dengan kebutuhan pengendara. Mengingat jumlah pengunjung yang bertambah, perlu juga dilakukan penambahan tempat parkir agar dapat menampung kendaraan pengunjung.

Proses penelitian dilakukan di belakang kampus Universitas Balikpapan yang berlokasi  Jalan Pupuk Raya Gunung Bahagia pada pertengahan bulan November 2017 lalu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dimana penelitian dilakukan dengan menggunakan pengukuran dari narasumber yaitu dari pekerja yang bekerja secara langsung dengan tujuan menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain observasi lapangan, wawancara, dan  kepustakaan.

Penambahan tempat parkir di Universitas Balikpapan sangat diperlukan mengingat jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Saat ini Universitas Balikpapan masih dalam tahap pembangunan gedung dan tempat parkir untuk memfasilitasi kendaraan pemakai gedung. Untuk tahun 2017, sekitar 2500 mahasiswa yang diterima di kampus Universitas Balikpapan. Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa, perlu dilakukan perbaikan dan penambahan bangunan dan lahan parkir dengan segera. Pada proses pengerjaan pembuatan lapangan parkir ini tergantung dari bahan bangunan yang disediakan oleh pihak kontraktor. Jika bahan belum tersedia lengkap maka pekerja tidak melanjutkan pekerjaan.

Terlambatnya ketersediaan bahan bangunan ini membuat terhambatnya proses pengerjaan tempat parkir. Akibatnya banyak waktu yang terbuang, proses pengerjaan menjadi lama sehingga pengerjaan tempat lapangan parkir tidak cepat selesai. Pengerjaan tempat parkir menjadi tidak efektif. Untuk itu perlunya penyediaan bahan bangunan yang dibutuhkan sesegera mungkin agar pekerjaan dapat segera dilakukan dan dibutuhkan manajemen waktu yang baik dari pihak kontraktor dan pekerja sehingga pengerjaan tempat parkir dapat dilakukan dengan cepat sehingga tempat parkir dapat segera digunakan mengingat jumlah mahasiswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun mengharuskan tempat parkir cepat selesai.

Kata kunci : Konstruksi, Tempat parkir, Waktu, Efektif.

 

PENDAHULUAN 

Setiap kampus sebaiknya mempunyai lahan tempat pemberhentian kendaraan dalam jangka waktu pendek atau lama yang biasa kita sebut tempat parkir sesuai dengan kebutuhan pengendara. Ketersediaan sarana parkir merupakan salah satu hal yang penting sekali diperhatikan dalam proses pembangunan kampus. Penggunaan mobil pribadi sebagai moda transportasi utama dari dan menuju kampus berdampak pada peningkatan kebutuhan lahan parkir dan kepadatan lalu lintas pada beberapa ruas jalan di sekitar kampus. Penyediaan lahan parkir yang cukup luas akan dapat menampung sebagian besar pengunjung kampus, terutama bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor. Para pengunjung yang berkendaraan tersebut akan semakin nyaman mengunjungi kampus karena mereka tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai kampus yang mereka tuju.

Proses pengaturan ketersediaan dan lokasi parkir bagi kendaraan yang digunakan oleh para pengunjung, merupakan suatu hal yang sangat penting diperhatikan. Setiap pengunjung berkendaraan selalu ingin mendapatkan kepastian ketersediaan  tempat parkir untuk memarkirkan kendaraan mereka, ketika mereka mencapai pintu masuk lokasi parkir. Ketersediaan tempat parkir tersebut seringkali sulit dipastikan. Keadaan tersebut seringkali menyebabkan pengunjung harus berputar-putar terlebih dahulu untuk mencari apakah masih ada tempat parkir yang tersedia. Apabila mereka menemukan sebuah tempat yang kosong, maka dengan segera mereka memarkirkan kendaraan mereka pada tempat itu. Sedangkan apabila mereka tidak menemukan adanya tempat yang kosong, tidak jarang mereka harus keluar kembali dari lokasi tempat parkir dengan perasaan kecewa.

Penambahan tempat parkir di Universitas Balikpapan sangat diperlukan mengingat jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Saat ini Universitas Balikpapan masih dalam tahap pembangunan gedung dan lahan parkir untuk memfasilitasi kendaraan pemakai gedung. Untuk tahun 2017 sekitar 2500 mahasiswa yang diterima di kampus Universitas Balikpapan. Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa, perlu dilakukan perbaikan dan penambahan bangunan dan lahan tempat parkir dengan segera.

Pada awal bulan September 2017 lalu mulai dilakukan penambahan lapangan parkir di belakang area kampus. Namun, pekerjaan yang dilakukan tidak berjalan terus menerus hingga bulan november ini, pekerjaan pembuatan lapangan parkir belum juga selesai. Dalam sistem pengerjaan pembuatan lapangan parkir ini tidak ada target waktu yang ditentukan.

Untuk pembuatan lapangan parkir ini tergantung dari bahan bangunan yang disediakan oleh pihak kontraktor. Jika bahan belum tersedia lengkap maka pekerja tidak melanjutkan pekerjaan. Terlambatnya ketersediaan bahan bangunan ini membuat terhambatnya pengerjaan tempat parkir.

Saat ini kampus Universitas Balikpapan masih dalam tahap pembangunan baik gedung  maupun tempat parkir. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa terhambatnya pembangunan tempat parkir ini disebabkan karena bahan bangunan yang akan digunakan belum disediakan seluruhnya oleh kontraktor sehingga pembangunan tempat parkir menjadi terlambat.

Pada dasarnya waktu pelaksanaan sangat mempengaruhi hasil pekerjaan. Terlambatnya bahan bangunan tersedia mengakibatkan pengerjaan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan menjadi terhambat. Untuk itu perlunya penyediaan bahan bangunan yang dibutuhkan sesegera mungkin agar pekerjaan dapat segera dilakukan dan dibutuhkan manajemen waktu yang baik dari pihak kontraktor dan pekerja sehingga pengerjaan tempat parkir dapat dilakukan dengan cepat sehingga tempat parkir dapat segera digunakan mengingat jumlah mahasiswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Manfaat dari pembuatan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan ini, mahasiswa, dosen, staf dan pengunjung kampus lain bisa memarkirkan kendaraannya dengan rapi. Kawasan parkir juga menjadi tertata dan tertib.

Tujuan adanya penambahan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan ini, diharapkan agar pengendara baik dari mahasiswa, dosen, staff, maupun pengunjung lain dapat memarkir kendaraannya dengan tertib dan meminimalisir parkir di sembarang tempat dalam kawasan kampus Universitas Balikpapan yang dikarenakan tempat parkir yang kurang untuk menampung semua kendaraan roda dua maupun roda empat dan tidak ada lagi kasus kehilangan kendaraan yang dialami mahasiswa maupun pengunjung lain akibat parkir di sembarang tempat tanpa pengawasan dari pihak keamanan.

METODE PENELITIAN 

Proses penelitian dilakukan di belakang kampus Universitas Balikpapan yang berlokasi di Jalan Pupuk Raya Gunung Bahagia pada pertengahan bulan November 2017 lalu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dimana penelitian dilakukan dengan menggunakan pengukuran dari narasumber yaitu dari pekerja yang bekerja secara langsung dengan tujuan menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di belakang kampus Universitas Balikpapan dengan responden enam orang dari pekerja yang sedang melakukan pekerjaan dan objek dari penelitian ini adalah waktu dan hasil pengerjaan.

Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain observasi lapangan, wawancara, dan kepustakaan. Observasi lapangan dilakukan dengan mengamati hasil pengerjaan sementara dan pengambilan gambar.

Prinsip dasar dari penelitian ini adalah memperoleh informasi tentang awal mula pembuatan tempat parkir, waktu yang dibutuhkan, alat apa saja yang digunakan dalam pengerjaan, kesulitan-kesulitan saat bekerja dalam proses pengerjaan tempat parkir dan batas waktu yang diberikan dalam pengerjaan pembuatan tempat parkir oleh kontraktor.

Penelitian ini berfokus pada proses dan waktu pembuatan yang melibatkan pekerja dan kontraktor yang disediakan oleh instansi kampus Universitas Balikpapan. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh mengenai pembuatan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan.

HASIL DAN PEMBAHASAN 

Universitas Balikpapan adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia yang berdiri pada tahun 1981 yang berlokasi di Jalan Pupuk Raya Balikpapan Kalimantan Timur. Universitas Balikpapan juga merupakan salah satu kampus yang diminati.

Untuk tahun 2017, sekitar 2500 mahasiswa yang diterima. Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa, perlu dilakukan perbaikan dan penambahan bangunan dan lahan parkir dengan segera. Mengingat jumlah mahasiswa yang cukup banyak, Universitas Balikpapan terus melakukan perbaikan dan perkembangan salah satunya dalam hal pembangunan. Saat ini Universitas Balikpapan masih dalam tahap pembangunan gedung dan tempat parkir.

Setiap perjalanan yang menggunakan kendaraan diawali dan diakhiri di tempat parkir, oleh karena itu ketersediaan ruang parkir diperlukan bagi pengguna kendaraan sehingga aktivitas yang akan dilakukan dapat terlaksana pada waktunya. Ketersediaan ruang parkir tidak terlepas dari pengaturan tata letak ruang parkir yang efektif dan kapasitas ruang parkir serta pelayanan parkir yang baik sehingga dapat mengoptimalkan fasilitas parkir kendaraan.

Penggunaan fasilitas parkir merupakan suatu keperluan yang penting sebagai tempat untuk menitipkan kendaraan bila kita ingin berkunjung ke suatu tempat, namun kendala yang sering dialami dalam penggunaan fasilitas parkir tersebut adalah tempat parkir sering sekali penuh namun tidak ada petunjuk parkir penuh, sehingga waktu terbuang dalam mencari ruang parkir, dan tata letak kendaraan yang parkir sering sekali tidak beraturan, sehingga pengunjung merasa kurang nyaman dan tidak bisa memarkirkan kendaraan mereka dengan baik.

Ketersediaan sarana parkir merupakan salah satu hal yang penting sekali diperhatikan dalam proses pembangunan kampus. Penyediaan lahan tempat parkir yang cukup luas akan dapat menampung sebagian besar pengunjung kampus, terutama bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor. Dengan adanya penambahan lahan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan, para pengunjung yang berkendara baik roda dua maupun roda empat akan semakin nyaman mengunjungi kampus karena mereka tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai kampus yang mereka tuju.

Dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan suatu proyek, seringkali ditemui berbagai permasalahan yang bisa mempengaruhi hasil pekerjaan proyek tersebut. Masalah-masalah ini berupa terbatasnya sumber daya yang ada (waktu, dana, peralatan, tenaga kerja/manusia, material dan lain-lain), organisasi proyek yang tidak tertata rapi, sistem pengendalian yang tidak tepat, ataupun masalah alam berupa pengaruh iklim/cuaca yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Setiap pelaksanaan proyek tentunya mempunyai suatu tujuan dasar yaitu berusaha untuk mencapai ketepatan waktu, mutu dan ketepatan biaya sesuai dengan yang direncanakan dimana pencapaiannya sangat bergantung pada suatu sistem manajemen yang baik, dimana salah satu aspek manajemen ini adalah pengurus tenaga kerja.

Gambar 1-2

Pada bulan September lalu, dilakukan penambahan lapangan parkir di belakang area kampus Universitas Balikpapan. Dalam proses pembuatan pembuatan lapangan parkir ini juga dibantu dengan menggunakan alat berat seperti excavator dan dump truck.

Pembuatan tempat parkir di Universitas Balikpapan melibatkan beberapa pekerja di dalamnya. Tidak ada target atau batasan waktu pekerjaan harus selesai dalam pengerjaan tempat lahan parkir di Universitas Balikpapan ini. Para pekerja bekerja selama delapan jam dari jam 08.00 sampai jam 17.00 setiap hari. Dengan dibuatnya tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan ini, diharapkan mampu memperbaiki kondisi tempat parkir yang dulunya penuh bahkan pengendara lain ada yang memarkir kendaraannya secara sembarangan membuat kawasan tempat parkir uniba menjadi tidak rapi dan tidak tertib. Penyediaan lahan parkir yang cukup luas akan dapat menampung sebagian besar pengunjung kampus, terutama bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor. Para pengunjung yang berkendaraan tersebut akan semakin nyaman mengunjungi kampus karena mereka tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai kampus yang mereka tuju.

Ada serangkaian langkah-langkah pada pengerjaan pembuatan lapangan parkir yaitu membuat site plan tempat parkir, hitung volume stripping, menghitung volume galian (BM) dan volume tanah yang dipindahkan (LM), menghitung volume pemadatan dan galian (CM), merencanakan alat berat yang digunakan untuk stripping dan cutting, menghitung produktivitas alat, memperkirakan jumlah alat dan waktu penyelesaian, dan yang terakhir menghitung biaya estimasi operasional.

Gambar 3-4

Pada awal September 2017 lalu mulai dilakukan penambahan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan. Namun, pekerjaan yang dilakukan tidak berjalan terus menerus hingga bulan November ini, pekerjaan pembuatan lapangan parkir belum juga selesai. Dalam sistem pengerjaan pembuatan lapangan parkir ini tidak ada target waktu yang ditentukan. Bagi pekerja, tidak menjadi masalah bila pekerja tidak diberi target waktu pengerjaan selama tidak mengurangi jumlah penghasilan mereka. Untuk pembuatan lapangan parkir ini tergantung dari bahan bangunan yang disediakan oleh pihak kontraktor. Jika bahan belum tersedia lengkap maka pekerja tidak melanjutkan pekerjaan.

Terlambatnya ketersediaan bahan bangunan ini membuat terhambatnya proses pengerjaan tempat parkir. Akibatnya banyak waktu yang terbuang, proses pengerjaan menjadi lama sehingga pengerjaan lapangan tempat parkir tidak cepat selesai. Pengerjaan tempat parkir menjadi tidak efektif sedangkan tempat parkir diharapkan dapat segera digunakan mengingat jumlah mahasiswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun mengharuskan tempat parkir cepat selesai.

KESIMPULAN 

Dari penelitian yang dilakukan di belakang kampus Universitas Balikpapan yang berlokasi di Jalan Pupuk Raya Gunung Bahagia pada pertengahan bulan November 2017 lalu dapat diambil kesimpulan bahwa waktu pelaksanaan sangat mempengaruhi hasil pekerjaan. Dalam sistem pengerjaan pembuatan lapangan parkir ini tidak ada target waktu yang ditentukan. Untuk pembuatan lapangan parkir ini tergantung dari bahan bangunan yang disediakan oleh pihak kontraktor. Jika bahan belum tersedia lengkap maka pekerja tidak melanjutkan pekerjaan.

Terlambatnya bahan bangunan tersedia mengakibatkan pengerjaan tempat parkir di belakang kampus Universitas Balikpapan menjadi terhambat. Akibatnya banyak waktu yang terbuang, proses pengerjaan menjadi lama sehingga pengerjaan tempat lapangan parkir tidak cepat selesai. Pengerjaan tempat parkir menjadi tidak efektif.

Keberhasilan suatu kegiatan atau pekerjaan tergantung dari manajemennya. Pekerjaan itu akan berhasil apabila manajemennya baik dan teratur, dimana manajemen itu sendiri merupakan suatu perangkat dengan melakukan proses tertentu dalam fungsi yang terkait. Untuk itu perlunya penyediaan bahan bangunan yang dibutuhkan sesegera mungkin agar pekerjaan dapat segera dilakukan dan dibutuhkan manajemen waktu yang baik dari pihak kontraktor dan pekerja sehingga pengerjaan tempat parkir dapat dilakukan dengan cepat sehingga tempat parkir dapat segera digunakan mengingat jumlah mahasiswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun mengharuskan tempat parkir cepat selesai.

DAFTAR PUSTAKA 

Ananta, Erwin. 2017. Engineering Safety Prime: Construction Safety. Materi Perkuliahan Keselamatan Konstruksi, Fakultas Vokasi Universitas Balikpapan. Tersedia pada situs http://www.safety.cf

Anggreini, Ayu. 2015. Makalah Manajemen Waktu. https:// anggrainiayu633. wordpress.com/2015/02/15/makalah-manajemen-waktu/, diakses 1 Desember 2017.

Aprilia, Dita Tri. 2016. Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Performasi Kerja Pada Mahasiswa yang Bekerja di PT. X Yogyakarta. https:// repository. usd.ac.id/ 7389/2/109114050_full.pdf, diakses 17 Desember 2017.

Bertan Cindy Viane, dkk. 2016. Pengaruh Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja) Terhadap Hasil Pekerjaan (Studi Kasus Perumahan Taman Mapanget Raya(tamara)). https:// http://www.  neliti.com/publications/ 139886/pengaruh-pendayagunaan-sumber-daya-manusia-tenaga-kerja-terhadap-hasil-pekerjaan, diakses 20 Desember 2017.

K, Djoni Setiawan. 2007. Sistem Pengelolaan Parkir dengan Fasilitas Penentuan Lokasi Parkir Terdekat dengan Pintu Keluar Masuk. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Pustaka Galeri. 2013. Pengertian, Cara dan Jenis Parkir. http://  http://www.  galeripustaka.com/ 2013/05/pengertian-cara-dan-jenis-parkir.html, diakses 17 Desember 2017.

Wikipedia. 2017. Parkir. https:// id.m.wikipedia.org/wiki/Parkir, diakses 20 November 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.