[2005193] Tugas Keselamatan Alat Angkat M9 (Kelas A1)

Kepada Mahasiswa D4K3,

Tugas ini ditujukan kepada mahasiswa semester 6 (enam) kelas A1 pada program studi D4K3, fakultas vokasi, Universitas Balikpapan. Apapun Standard Operating Procedure (SOP) dalam mengerjakan tugas ini adalah sebagai berikut di bawah ini:

  1. Tugas ini merupakan tugas perorangan. Ini bermakna bahwa tidak ada analisis yang sama persis antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain.
  2. Tugas wajib dikerjakan oleh mahasiswa termasuk yang sedang melaksanakan PKL.
  3. Tugas dikerjakan dengan ditulis tangan sendiri pada kertas folio bergaris.
  4. Cantumkan Nama, Semester, Kelas, dan NIM pada sudut kanan atas kertas.
  5. Setelah semua jawaban dikerjakan, kemudian foto halaman demi halaman jawaban Anda, selanjutnya konversikan menjadi 1 (satu) file PDF dengan nama file: “2005193-NomorIndukMahasiswa.pdf“.
  6. Disarankan menggunakan aplikasi CamScanner atau TapScanner dengan pencahayaan yang cerah untuk menghasilkan dokumen PDF yang baik.
  7. Kirim file PDF tersebut ke alamat email: mahasiswa.d4k3@gmail.com.
  8. Ketik subject email: TUGAS KESELAMATAN ALAT ANGKAT M9. Penulisan subject email yang berbeda akan ditolak.
  9. Ketik kata pengantar pada body email sesuai panduan pada bagian akhir dalam tugas ini. Pengiriman email tanpa kata pengantar dalam etika korespondensi dianggap tidak sopan.
  10. Email dikirimkan paling lambat pada Jumat 22 Mei 2020 pukul 23.59 Wita.
  11. Pastikan nama yang tercantum pada pengiriman email adalah nama Anda sendiri sesuai nama yang tercantum dalam absensi, bukan nama yang bersifat kekanak-kanakan (childish).
  12. Mengirim email dalam bentuk image (JPG, JPEG, PNG, dsb) akan ditolak.
  13. Disarankan mengirimkan email lebih awal agar apabila terdapat kesalahan, dapat segera diperbaiki dan dikirim ulang kembali sebelum batas waktu berakhir.
  14. Lembar jawaban asli dikumpulkan pada saat pertemuan kelas. Khusus yang berada di kota Balikpapan, tugas dikumpulkan secara kolektif dalam satu amplop dan dimasukkan ke dalam loker Dosen di Fakultas.

Adapun pertanyaan tugas adalah sebagai berikut di bawah ini:

Anda diminta untuk menyelesaikan analisis perhitungan lifting study untuk pekerjaan pengangkatan beban dengan menggunakan pesawat angkat (mobile crane) tipe crawler crane. Adapun pertanyaan tugas ini merupakan soal ujian akhir semester tahun 2016 yang kemudian dipakai sebagai latihan kepada mahasiswa semester 6 (enam) untuk penyelesaian analisis lifting study. Klik di sini untuk melihat/mengunduh soal.

Adapun panduan untuk menyelesaikan tugas tersebut adalah sebagai berikut di bawah ini:

  1. Jawaban merupakan analisis matematis terhadap keselamatan pada proses pengangkatan beban dengan melibatkan pesawat angkat (mobile crane).
  2. Kenali jenis, merek, tipe dan model mobile crane yang dipergunakan.
  3. Lakukan konversi satuan terlebih dahulu terhadap seluruh satuan yang ada ke dalam satuan internasional (meter, kg, ton, dsb).
  4. Lakukan perhitungan volume beban yang akan diangkat sesuai dengan ukuran dan dimensinya.
  5. Hitung berat beban (net load) yang akan diangkat sesuai dengan specific gravity beban (masa jenis beban).
  6. Tentukan Faktor Ikatan (FI) sling berdasarkan diagram ikatan.
  7. Hitung Faktor Sudut (FS) sling.
  8. Hitung beban kerja aman Safe Working Load (SWL).
  9. Berdasarkan SWL yang didapat dari perhitungan di atas, lakukan perhitungan diameter sling yang diizinkan.
  10. Periksa apakah diameter sling aman (safe) untuk digunakan. Bila aman bagaimana rekomendasi Anda, dan bila tidak aman bagaimana pula rekomendasi Anda.
  11. Lakukan perhitungan Gross Load berdasarkan berat masing-masing peralatan pengangkatan (lifting gear) sesuai spesifikasi mobile crane dan tabel yang bersesuaian.
  12. Berdasarkan tabel Load Chart, panjang boom, dan gross load, tentukan panjang maksimum radius crane yang diizinkan. Beri tanda dengan menarik garis lurus silang antara panjang boom dan radius pada titik pertemuan Gross Load.
  13. Menggunakan Diagram Working Range, panjang boom, dan panjang radius maksimum yang didapat, hitunglah secara analitis jarak bebas (clearance) dari permukaan tanah hingga titik tertinggi beban yang aman (safe) untuk diangkat, agar beban tidak mengenai boom.
  14. Ketahui regulasi mengenai jenis dan kelas SIO untuk mengoperasikannya.

Demikian disampaikan untuk dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu. Be safe and have a nice day.


CATATAN:

Di bawah ini adalah panduan membuat kata pengantar pada body email. Nama, semester, kelas, dan NIM silahkan diganti disesuaikan dengan pengirim. Jangan menyimpang dari panduan tersebut saat mengirim email:

 

Dosen Pengampu Yth,

Terlampir saya kirimkan berkas dalam format PDF sebagai penyelesaian atas tugas No. 2005193 tentang Tugas Keselamatan Alat Angkat M9 untuk memenuhi syarat perkuliahan mata kuliah KK15615 Keselamatan Alat Angkat dan Angkut pada semester 6 (enam) kelas A1.

Mohon bimbingannya apabila masih terdapat bagian yang harus diperbaiki, maka akan segera saya perbaiki dan kirimkan ulang kembali sebelum batas waktu berakhir.

Demikian email saya ini dan atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Yohanes Marpaung
Semester 6 Kelas A1
NIM 19705xxxx