[2009142] Tugas SMK3 M2 (Kelas A5)

Kepada Mahasiswa D4K3,

Tugas ini ditujukan kepada mahasiswa Universitas Balikpapan pada program studi D4K3 semester 3 (tiga) pada mata kuliah KK15310 Sistem Manajemen K3. Adapun ketentuan mengerjakan tugas ini adalah sebagai berikut di bawah ini.

    1. Tugas ini merupakan tugas perorangan. Ini bermakna bahwa tidak ada jawaban yang sama persis antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain.
    2. Tugas dikerjakan dengan ditulis tangan sendiri pada kertas folio bergaris.
    3. Tulis Nama, Semester, Kelas, NIM/NPM, dan Nomor Tugas pada sudut kanan atas kertas.
    4. Jawab setiap pertanyaan soal secara terurut (1, 2, 3, 4, …dst). Pertanyaan soal wajib dituliskan pada lembar jawaban. Ikuti aturan penggunaan kertas dengan membuka kertas dari arah kanan ke kiri, seperti lazimnya membuka buku berbahasa Indonesia.
    5. Setelah semua jawaban dikerjakan, pindai (scan) atau foto halaman demi halaman jawaban Anda. Selanjutnya konversikan menjadi 1 (satu) file dalam format PDF. Beri nama file tersebut: 2009142-NomorIndukMahasiswa. Ukuran file maksimum 2 MB.
    6. Disarankan menggunakan aplikasi CamScanner atau TapScanner atau Microsoft Office for Android, atau menggunakan mesin scanner. Atur pencahayaannya agar cerah dan tidak gelap, sehingga mudah terbaca.
    7. Kirim file PDF jawaban Anda tersebut melalui situs e-learning Universitas Balikpapan sebelum batas waktu yang tercantum dalam e-learning. Mahasiswa yang terlambat mengirimkan file PDF, tidak akan mendapatkan penilaian.
    8. Lembar jawaban asli dikumpulkan dan ditempatkan dalam loker dosen di fakultas. Ketua tingkat agar mengkoordinasikan pengumpulan tugas mahasiswa di kelasnya dan dimasukkan dalam satu amplop agar tidak tercecer.
    9. Khusus kepada mahasiswa yang berdomisili di luar Kota Balikpapan, diberikan dispensasi untuk menunda mengirimkan lembar jawaban asli hingga 1 (satu) pekan sebelum Ujian Tengah Semester (UTS). Lembar jawaban disimpan di rumah masing-masing terlebih dulu, baru kemudian dikirimkan serempak dengan tugas-tugas yang lain.
    10. Mahasiswa yang tidak menyerahkan lembar jawaban asli, tidak akan mendapatkan penilaian.

Adapun pertanyaan tugas yang harus dikerjakan adalah sebagaimana tersebut di bawah ini.

    1. Apakah yang dimaksud dengan istilah “Sistem”? Jelaskanlah disertai pustaka/referensi yang Anda gunakan untuk menjelaskan definisi tersebut.
    2. Apakah yang dimaksud dengan istilah “Manajemen”? Jelaskanlah disertai pustaka/referensi yang Anda gunakan untuk menjelaskan definisi tersebut.
    3. Apakah yang dimaksud dengan istilah “Sistem Manajemen”? Jelaskanlah disertai pustaka/referensi yang Anda gunakan untuk menjelaskan definisi tersebut.
    4. Apakah perbedaan yang paling signifikan antara “Manajemen” dengan “Sistem Manajemen”? Jelaskan menurut penalaran Anda.
    5. Apakah tujuan dibentuknya manajemen pada suatu organisasi/perusahaan? Jelaskan pendapat Anda disertai pustaka/referensi yang menunjang.
    6. Apakah manfaat sistem manajemen? Jelaskan pendapat Anda disertai pustaka/referensi yang menunjang.
    7. Sebutkan paling sedikit 10 (sepuluh) sistem manajemen yang Anda ketahui.
    8. Bisakah sistem manajemen mengalami kegagalan?
    9. Sesuai soal 8, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar suatu sistem manajemen tidak mengalami kegagalan. Jelaskan menurut pendapat Anda disertai pustaka/referensi yang menunjang.
    10. Apa sajakah lingkup manajemen itu? Jelaskanlah.
    11. Apakah menentukan suatu kebijakan dalam organisasi/perusahaan merupakan bagian dari sistem manajemen? Mengapa? Jelaskanlah.
    12. Apakah pengawasan dalam organisasi/perusahaan merupakan bagian dari sistem manajemen? Mengapa? Jelaskanlah.
    13. Berikanlah contoh dalam lingkup kecil yang terjadi di lingkungan sekitar Anda tentang manajemen.
    14. Siapakah orang yang paling berperan mengendalikan manajemen di rumah Anda?
    15. Mengapa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) perlu diutamakan?
    16. Sesuai soal 15, apa untungnya mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)? Bukankah hal itu hanya menghabiskan dana organisasi/perusahaan saja? Jelaskanlah.
    17. Apakah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan bagian dari manajemen? Ya atau tidak, berikan alasan Anda.
    18. Siapa yang bertanggung jawab apabila suatu sistem manajemen tidak berjalan baik?
    19. Apa motivasi Anda menjadi mahasiswa K3?
    20. Ratusan mahasiswa telah gagal (drop out) dalam menempuh pendidikan K3 di Universitas Balikpapan yang telah membuang-buang waktu, tenaga, pikiran, dan dana mereka dengan sia-sia. Lalu, bagaimana cara Anda agar bukan menjadi bagian dari mahasiswa gagal tersebut?

Demikian disampaikan untuk dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu.
Be safe and healthy.